Halaman utama daerahkita.com
Halaman utama daerahkita.com
indonesiatera

Gatot Subroto, Tokoh Penting Militer Indonesia Masa Revolusi Kemerdekaan

DaerahKita 14/09/2023

Di bidang kemiliteran, kita mengenal tokoh yang berperan penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia bernama Gatot Subroto. Beliau lahir pada 10 Oktober 1907 di Banyumas, Jawa Tengah. Setamat pendidikan dasar di HIS (Hollandsch-Inlandsche School), Gatot Subroto tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi memilih menjadi pegawai. Pada 1923 atau sebelum kemerdekaan, Gatot Subroto masuk ke satuan militer Hindia Belanda atau KNIL (Koninklijk Nederland-sch-Indisch Leger) di Magelang.

Pada masa pendudukan tentara Jepang, Gatot Subroto mengikuti pendidikan Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor. Lalu, pada masa revolusi kemerdekaan, Gatot Subroto bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Gatot Subroto pernah menduduki beberapa jabatan, seperti Panglima Divisi Il, Panglima Corps Polisi Militer, dan Gubernur Militer Daerah Surakarta dan sekitarnya. Saat menjabat sebagai Gubernur Militer, terjadi pemberontakan PKI di Surakarta pada 11 September 1948 dan beliau berhasil menumpas pemberontakan tersebut. Pada 17 September 1948, PKI mundur dari Surakarta.

Pada 1949 Gatot Subroto diangkat menjadi Panglima Tentara dan Teritorium (T&T) IV Diponegoro. Pada 1953, beliau sempat mengundurkan diri dari dinas militer, tetapi tiga tahun kemudian diaktifkan kembali sekaligus diangkat menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). Gatot Subroto memelopori pendirian Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) pada 1965. Menurut beliau, perlu sebuah akademi militer gabungan (AD, AU, AL) untuk membina para perwira muda.



Jenderal Gatot Subroto wafat pada 11 Juni 1962 di Jakarta dan dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah. Pada 18 Juni 1962, berdasarkan Keppres No. 222/1962, pemerintah menobatkan Jenderal Gatot Subroto sebagai pahlawan. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, nama Jenderal Gatot Subroto dijadikan nama salah satu jalan utama di kota Jakarta, Bandung, serta kota-kota lainnya. Namanya juga menjadi nama rumah sakit di Jakarta, yaitu RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto.

Tags pahlawan sejarah nasional edukasi tokoh pendidikan sekolah pejuang biografi Hindia Belanda
Referensi:
  1. Buku Pahlawan-pahlawan Indonesia Sepanjang Masa, oleh Didi Junaedi, Indonesia Tera, 2014



Daftar Nama Fauna Identitas Kabupaten Kota di DI Yogyakarta
pinhome
Daftar Nama Fauna Identitas Kabupaten Kota di DI Yogyakarta






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar