Halaman utama daerahkita.com
Halaman utama daerahkita.com
Hari Keluarga Internasional 15 Mei 2024
youtube

Kue Brudel, Bolu Khas Manado Perpaduan Cake dan Roti

DaerahKita 14/09/2023

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang tak hanya terbatas pada sajian makanan utamanya saja, tetapi juga mencakup beragam menu pendamping berupa kue dan pastry yang khas di tiap daerah. Salah satunya adalah kue brudel atau broedel khas Manado yang telah menjadi camilan terkenal di timur Indonesia. Kue brudel, atau yang juga dikenal sebagai bolu khas Manado, adalah perpaduan unik antara cake dan roti yang sering disantap pada sore hari, biasanya sebagai pendamping minuman seperti teh dan kopi.

Kudapan ini memiliki tekstur berat, tapi tetap lembut dan tidak bikin seret di tenggorokan. Kue brudel ini sudah menjadi semacam makanan rakyat yang sering disajikan dalam berbagai acara, mulai dari arisan, ibadah, ulang tahun, pernikahan, syukuran, hingga acara duka cita. Banyak orang menyukai cara mengonsumsi kue brudel ini dengan mencelupkannya ke dalam kopi atau teh hangat, yang membuat rasanya semakin nikmat. Ada berbagai variasi kue brudel dengan tambahan seperti keju, kenari, kismis, sukade, buah kering (mix fruits), dan lainnya.

Kue brudel adalah salah satu kue bolu khas Manado yang memiliki sejarah panjang dan menjadi identitas kuliner penting di sana. Saat mengunjungi Manado, Anda akan sering menemukan kudapan ini dengan mudah. Konon, resep kue brudel ini telah diwariskan secara turun-temurun sejak jaman penjajahan Belanda. Dengan cita rasa manis yang menggiurkan, kue brudel, atau yang disebut Brudel atau Bluder oleh penduduk setempat, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Manado, sejajar dengan hidangan lain seperti klappertaart dan bitterbalen.

Jika Anda ingin mencoba kue brudel, Anda tidak perlu pergi jauh ke Manado, Sulawesi Utara, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Terdapat beberapa resep kue brudel dengan berbagai varian rasa, seperti kue brudel keju, kue brudel keju kurma, kue brudel coklat, kue brudel susu, hingga yang beraroma kopi. Meskipun termasuk camilan ringan, kue brudel ini cukup mengenyangkan, sehingga cocok untuk mengganjal lapar di sore hari atau di antara aktivitas Anda.

Berikut ini resep pembuatan kue brudel.

Bahan yang Diperlukan

  • 3 butir telur
  • 500 gram tepung terigu
  • 150 gr margarine
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sachet susu bubuk Dancow instant (kemasan 27 gr)
  • 1 kotak santan instan (kemasan 65 gr) tambahkan hingga sampai 1 gelas minum
  • 1 sachet kecil ragi fermipan
  • Keju sesuai selera (optional)
  • Kismis menurut selera (optional)
  • Mix fruits sesuai selera (optional)
  • Kenari panggang cincang menurut selera (optional)


Cara Membuat

  1. Tepung terigu, gula pasir,susu bubuk dan ragi campurkan hingga rata
  2. Masukkan margarine dan telur ayam. Jika sudah rata tambahkan santan
  3. Campur semua bahan bahan ini dengan menggunakan tangan. Jangan pakai mixer
  4. Biarkan adonan mulai mengembang
  5. Usahakan cari tempat yang aman, untuk menghindari agar adonan aman dari gerakan
  6. Tambahkan kismis dan/atau kenari panggang, mixed fruit
  7. Masukkan adonan yang sudah mulai mengembang ini kedalam loyang. Biasanya menggunakan loyang. Biasanya menggunakan loyang tulban (*).
  8. Taruh keju parut di atas adonan
  9. Panggang dalam oven hingga matang

(*) Loyang tulban adalah loyang dengan bentuk kincir atau mempunyai gelombang-gelombang, biasanya mempunyai lubang di bagian tengahnya. Karena adanya bagian lubang tersebut, loyang tulban sering disebut juga dengan loyang cincin.

Tags kuliner makanan resep panganan hidangan sajian tradisional masakan UMKM kudapan bolu
Referensi:
  1. palpres.disway.id
  2. budaya-indonesia.org
  3. manado.inews.id
  4. food.detik.com
  5. richcreme.com




Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar