travelingyuk

Menarik Dikunjungi, 15 Destinasi Wisata Alam di Kalimantan Barat

DaerahKita 14/11/2021

Berkunjung Kalimantan Barat untuk mencari pengalaman wisata alam adalah sebuah alternatif liburan yang layak dipertimbangkan. Daerah ini selain panorama alam yang indah, juga semakin mudah untuk dikunjungi dengan tersedianya fasilitas transportasi seperti Bandara Udara Internasional Supadio, Bandar Udara Rahadi Oesman, Susilo Airport, Bandar Udara Pangsuma, Bus Terminal Batu Layang, Terminal Bengkayang, Terminal Bus Sanggau dan Terminal Siantan.

Terdapat banyak destinasi wisata alam di provinsi yang beribukota di Kota Pontianak ini. Kali ini kita akan bahas 15 di antaranya. Tempat-tempat tujuan wisata alam ini mungkin patut untuk anda kunjungi saat musim liburan tiba.

1. Temajuk Sambas

Pantai Temajuk Sambas mungkin masih sangat asing terdengar namanya bagi traveler di Indonesia. Desa kecil yang terletak persis di ekor pulau Kalimantan ini mempunyai destinasi wisata kelas dunia. Pantai Temajuk yang berada di ujung utara bagian barat Kalimantan Barat adalah daerah yang paling diminati para penggemar Tempat Wisata pantai. Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya berjarak 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia. Pantai Temajuk berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Pantai Temajuk memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu kurang lebih 60 kilometer. Sesampainya di Pantai Temajuk anda akan dihadapkan dengan kondisi pantai yang masih alami, dengan pantai pasang surut yang eksotis, hamparan pasir pantai yang lembut berpadu dengan gugusan bebatuan granit yang membentuk formasi yang indah. Airnya pun jernih, saat cuaca cerah langit yang biru bersih tanpa awan akan menambah keindahan.

Bagi masyarakat di sana, nama Temajuk seolah-olah menjadi magnet wisata. Primadona andalan Kabupaten Sambas ini, bahkan tidak pernah putus kunjungan wisatawan baik lokal maupun negara tetangga Malaysia.

2. Danau Sentarum Kapuas Hulu

Taman Nasional Danau sentarung di Kabupaten Kapuas Hulu ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Danau ini memiliki luas sekitar 132.000 hektare. Danau ini juga dapat menampung aliran banjir di seluruh Kalimantan Barat.

Ungkapan perjuangan yang berat untuk mendapatkan suatu keindahan terbukti nyata karena Anda harus menempuh perjalanan yang panjang untuk ke danau sentarum. Anda akan menyaksikan keindahan yang luar biasa saat berkunjung ke tempat wisata ini. Kelestarian danau terbaik ini terus dijaga karena berfungsi sebagai penadah hujan.

3. Air Terjun Banangar

Air terjun ini sering disebut juga Melanggar, Mananggar, dan Menaggar adalah patahan Sungai Landak yang menjadi Tempat Wisata alam berupa air terjun yang berada di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Letak Tempat Wisata air terjun ini berada di hulu Sungai Landak, sekitar 290 kilometer arah timur laut Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Ada yang mengatakan bahwa Air Terjun Mananggar (sering juga disebut Air Terjun Melanggar, Menanggar, atau Banangar) merupakan Niagara dari Borneo.

Air Terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar lebih dari 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah. Akses ke dasar air terjun ini masih sangat sulit sekali. Jalan yang hanya setapak itu tertutup belukar sehingga Anda lebih senang menikmati pesonanya dari atas air terjun.

4. Tanjung Bajau

Tempat ini merupakan salah satu wisata populer dan wajib untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Kota Singkawang. Tanjung Bajau menghadirkan konsep wisata alam segar dan alami dengan gabungan antara pantai dan pegunungan.

5. Riam Madi

Riam Madi merupakan sungai yang berlokasi di Kabupaten Bengkayang. Para wisatawan menjuluki tempat ini adalah sumber mata air yang sangat penting untuk masyarakat. Untuk harga masuk pun cukup murah dan tidak memakan biaya.

6. Pasir Panjang Singkawang

Kota Wisata merupakan julukan bagi kota Singkawang. Tempat ini berada di daerah Singkawang, satu di antaranya yaitu Pasir Panjang Singkawang. Tempat wisata ini memang sudah banyak dikenal di Kalimantan Barat. Banyak juga turis-turis yang berdatangan di pantai ini. Sejak dulu hingga sekarang tempat ini sangat dinikmati oleh pengunjung karena letaknya strategis dan memiliki daya tarik tersendiri.

7. Lemukutan Bengkayang

Pulau Lemukutan Bengkayang menjadi sa7lah satu tempat terindah dari 10 Tempat Wisata Alam Kalimantan Barat. Pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar Kalimantan. Pulau ini tidak jauh dari Kota Singkawang yakni sekitar satu sampai dua jam jarak yang harus ditempuh melalui perahu motor. Lemukutan Bengkayang menjadi salah satu destinasi wisata alam eksotis di Kalimantan Barat.

8. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukit Jamur merupakan suatu bukit yang sebagian besar terhampar bebatuan yang cukup besar tak heran sebutan lainya oleh pengunjung menamainya bukit batu. Lokasi Bukit Jamur ini terletak di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Kalimantan Barat. Jarak Bukit Jamur kurang lebih 6 km dari pusat kota Bengkayang untuk mencapai ke lokasi tersebut kurang lebih memakan waktu 1 sampai 2 jam berjalan kaki.

Letak lokasi ini memang sangat strategis sangat mudah diakses oleh pengunjung. Bukit Jamur ini merupakan salah satu Tempat Wisata yang sangat mengagumkan, anda akan mendapatkan pengalaman terbaru setelah melihat indahnya Bukit Jamur Bengkayang ini. Sebelum menuju Bukit Jamur Anda akan melewati jembatan gantung atau jembatan cinta salah satu sebutan lain bagi sebagian remaja setempat.

9. Bukit Kelam Sintang

Bukit Kelam lebih tepatnya berada di Kecamatan Kelam Permai 20 km dari Kota Sintang, atau sekitar 390 km dari Pontianak. Tempat ini terletak di antara 2 sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Bukit Kelam ini merupakan batu yang terbentang dari timur ke barat.

10. Hutan Mangrove Mempawah

Waktu kita duduk di bangku sekolah, kita pernah pernah mendengar hutan tanaman yang mampu mencegah erosi dan abrasi pantai. Hutan Mangrove memiliki akar efisien dalam melindungi di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air. Di Sumpawa terdapat tanaman konservasi mangrove yaitu Mempawah Mangrove Park.

11. Alun-Alun Kapuas Pontianak

Alun-alun Kapuas merupakan satu di antara lokasi wisata taman di kota Pontianak. Letaknya sudah berada di tempat strategis yaitu di tengah Kota Pontianak. Menjadikan taman ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Jam buka tempat ini mulai dari pukul 06.00 WIB - 20.00 WIB.

Tempat ini berada di Desa Dange Aji Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Air Terjun Bedawat biasa juga disebut dengan air terjun Bedawat ini memiliki 7 tingkatan yang begitu indah. Suasana hutan tropis dan udara sejuk akan membuat nyaman wisatawan saat berada di sana.

13. Riam Merasap

Air terjun yang terletak di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat itu sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, menjadi populer sejak masyarakat mengunggah keindahan air terjun di media sosial. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik dimana curahan airnya yang berbentuk seperti tirai. Meskipun untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup sulit, tapi pemandangan yang disuguhkan di lokasi tersebut begitu mempesona.

Wisatawan akan terpesona oleh pemandangan indah dari air terjun ini ditambah dengan pemandangan hijaunya pohon-pohon yang mengelilingi air terjun menambah sejuk suasana.

14. Bukit Ampan

Bagi wisatawan yang awam dengan pendakian, Bukit Ampan menjadi destinasi yang paling tepat karena tidak terlalu tinggi dan aksesnya cukup mudah. Hanya berjarak beberapa ratus meter dari Kapuas hulu, sehingga cukup mudah ditemukan.

Di tempat ini Anda akan disuguhi lautan awan dan merasa seperti di atas awan selama beberapa saat. Bagi pecinta camping juga dapat mendirikan tenda di atas bukit sambil menunggu indahnya matahari terbit atau tenggelam.

15. Pulau Temajo Mempawah

Destinasi wisata yang satu ini sangat indah, namanya Pulau Temajo. Pulau ini terletak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Tidak hanya menyuguhkan pantai pasir panjang yang landai dengan pasirnya yang putih dan halus. Di sana tersedia juga berbagai fasilitas bermain seperti kano, stand up paddle, polo ball, fliesbee, ada sepeda untuk keliling pulau dan peralatan snorkling.

Untuk sampai di Pulau Temajo cukup mudah. Dari kota Pontianak, hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam setengah menuju Kabupaten Mempawah. Selanjutnya kamu meneruskan perjalanan hingga lecamatan Sungai Kunyit. Dari Sungai Kunyit, dilanjutkan menyeberang dengan kapal motor atau motor air sekitar 45 menit. Selama perjalanan ke Pulau Temajo, kamu akan disuguhkan pemandangan pulau-pulau di sekitar yang memanjakan mata.

Tags wisata alam budaya sejarah situs taman nasional candi danau situ liburan bukit air terjun
Referensi:
  1. kalbar.inews.id
  2. ksmtour.com
  3. kumparan.com
  4. www.celebes.co






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0