daerahkita

Uji Coba Publik Naik Kereta LRT Jakarta - Juni 2019

DaerahKita 15/06/2019

LRT merupakan singakatan dari Light Rail Transit , adalah sebuah moda transportasi yang berjalan di atas rel seperti kereta api pada umumnya, tapi didisain dengan daya tampung penumpang sebanyak mungkin dan pintu besar yang banyak jumlahnya untuk memudahkan dan mempercepat penumpang naik dan turun. Dengan begitu waktu transit atau berhenti di setiap stasiun bisa dipersingkat. Di Indonesia LRT ini dikenal juga dengan nama Lintas Rel Terpadu.

liputan6
Kereta LRT Jakarta sedang melintas di rel layang (elevated railway)

Mirip dengan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, LRT berukuran sedikit lebih kecil, dan rangkaiannya keretanya lebih pendek. MRT memiliki rangkaian enam kereta, sedangkan rangkaian LRT terdiri dari dua atau empat kereta. Setiap dua kereta LRT dalam satu rangkaian akan tersambung tanpa sekat. MRT Jakarta telah beroperasi secara komersial lebih dahulu dibandingkan LRT Jakarta ini, lihat artikel Daftar Nama Stasiun MRT Jakarta Dan Harga Tarif Tiketnya Tahun 2019.

daerahkita
Pintu keluar masuk peron, tempelkan kartu Single Journey Trip (SJT) Card di sini

LRT digunakan di kawasan perkotaan untuk melayani masyarakatnya yang aktif bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Kalau tersedia transportasi umum yang baik, nyaman, dan cepat, diharapkan mampu menurunkan jumlah kendaraan pribadi lalu lalang di kota, dan ujung-ujungnya bisa mengurangi kemacetan di jalan raya.

daerahkita
Stasiun LRT Velodrome tampak di kejauhan

Di Indonesia, LRT pertama telah beroperasi penuh di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pada perhelatan Asian Games 2018 lalu, keberadaan LRT Palembang sangat membantu dalam transportasi atlet dan penonton. Kini LRT Jakarta menyusul, sebagai LRT kedua yang beroperasi di Indonesia. Sebelum beroperasi penuh, LRT Jakarta diujicoba untuk publik terlebih dahulu. Masyarakat diberi kesempatan untuk ikut serta dalam uji coba fungsional LRT ini.

daerahkita
Sambungan antara dua kereta tidak ada sekat untuk memudahkan pergerakan penumpang dalam LRT

Uji publik kali ini akan berlangsung selama 11 hari, terhitung sejak 11 Juni hingga 21 Juni 2019. Calon penumpang bisa mencoba kereta Lintas Rel Terpadu rute Kelapa Gading-Velodrome dengan jarak tempuh 5,8 km setelah mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website bit.ly/UjiPublikLRTJ. Waktu tempuh untuk rute ini sekitar 10 menit. Stasiun Velodrome berada di sebelah Velodrome (arena balap sepeda) Rawamangun dan Stasiun Boulevard Utara ada di sebelah Mall Kelapa Gading.

daerahkita
Layou kursi dibuat saling berhadapan di sisi kiri dan kanan, untuk memberi ruang yang banyak untuk penumpang berdiri

Seluruhnya ada lima buah stasiun yang aktif operasional, yaitu:

  • Stasiun Velodrome (Rawamangun)
  • Stasiun Equistrian
  • Stasiun Pulomas
  • Stasiun Boulevard Selatan
  • Stasiun Boulevard Utara (Kelapa Gading)

daerahkita
Kartu Single Journey Trip (SJT) digunakan dengan cara ditempelkan saat masuk ke pintu peron

Ini merupakan uji coba publik yang ketiga kalinya untuk LRT Jakarta setelah sebelumnya sudah dilakukan pada 4-17 Maret 2019 dan 25 Maret 2019. Berikut caranya pendaftaran uji coba publik LRT Jakarta:

  1. Isi formulir pada halaman website, pastikan informasi alamat email yang di masukkan benar dan sesuai.
  2. Pilih jadwal Uji Coba.
  3.  
  4. Submit form yang sudah di isi dan jangan lupa verifikasi email Anda yang sudah didaftarkan dengan mengklik tautan pada email.
  5. Setelah verifikasi email berhasil, cek email dan download e-ticket Anda.
  6. Selamat Anda dapat mengikuti Uji Publik LRT Jakarta sesuai dengan jadwal pilihan Anda dengan menunjukan e-ticket pada petugas ticketing di loket stasiun untuk ditukarkan tiket SJT (Single Journey Trip) LRTJ.
  7. Untuk informasi lebih lanjut lagi tentang LRT Jakarta, Anda bisa kunjungi laman resmi PT. LRT Jakarta di www.lrtjakarta.co.id

Tags wisata transportasi infrastruktur teknologi sainstek kereta api
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0