enaknyakemana

Es Brenebon, Minuman Segar Khas Gorontalo

DaerahKita 14/06/2019

Sebagai negara beriklim tropis, negeri kita sering merasakan cuaca panas terik di siang hari. Di saat seperti itu, sangat cocok menikmati minuman es segar sambil bersantai. Karena itu banyak ditemui aneka macam minuman es tradisional di berbagai daerah di Indonesia.



Bagi warga Gorontalo salah satu minuman es tradisional yang populer adalah Es Brenebon. Pada dasarnya minuman ini adalah sejenis es kacang merah. Tak hanya cita rasa yang nikmat apalagi untuk menghapus dahaga di siang hari atau saat berbuka puasa, minuman es ini juga memiliki manfaat yang menyehatkan dan tentu saja mengenyangkan.

Karena bahan utama kuliner minuman ini menggunakan kacang merah rebus atau brenebon. Saat menyantapnya, akan terasa cita rasa yang manis dan segar di lidah. Selain bertujuan untuk memberikan rasa manis, bahan kacang merah juga sebagai penghias sajiannya agar lebih menarik saat dituang bersama es serut. Bahan tambahan lainnya yaitu seperti puding, sirup pandan dan susu kental manis yang menambah kenikmatan minuman Es Brenebon ini. Walaupun telah diberi tambahan, tetap rasa kacang merah yang mendominasi minuman ini.

Ditinjau dari segi kesehatan, Es Brenebon ini memiliki khasiat baik yang terkandung pada kacang merah. Kacang merah tersebut mengandung vitamin B, fosfor, kalsium, protein dan zat besi.

idntimes
Es Brenebon dari Gorontalo, minuman kacang merah dengan tambahan alpukat

Dengan kandungannya seperti itu, maka kacang merah ini memiliki khasiat untuk mencegah kolesterol, mencegah risiko diabetes dan membantu proses pembekuan darah. Tak hanya dahaga yang akan terlepas, kondisi tubuh kita pun akan tetap terjaga.

Kalau Anda berkunjung ke Gorontalo cobalah untuk mencari dan mencicipi jajanan cukup unik ini, untuk merasakan kesegarannya. Atau kalau Anda berminat, bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep dan cara membuat Es Brenebon.



Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 150 gr kacang merah yang sudah direndam semalaman
  2. 2 lembar daun pandan, diikat
  3. 100 gr gula merah
  4. 200 gr gula pasir
  5. 1/4 sdt garam
  6. 1/2 sdt vanili
  7. 1500 ml air
  8. Susu kental manis rasa cokelat
  9. Es serut
  10. Alpukat yang sudah dipotong dadu (bahan pelengkap/opsional)

Cara membuat:

  1. Rebus kacang merah yang sudah direndam semalaman sampai matang, lunak dan empuk.
  2. Angkat, lalu tiriskan. Kacang merah direndam bertujuan untuk menghilangkan selaput luar yang mengandung zat yang akan mengganggu pencernaan. Selain itu juga, agar tekstur kacang merah tidak keras.
  3. Selanjutnya siapkan air untuk membuat sirup.
  4. Rebus air, gula pasir, gula merah dan dua lembar daun pandan.
  5. Tambahkan garam dan vanili. Masak sampai mengental.
  6. Setelah itu, angkat dan sisihkan.

Cara Penyajian:

  • Siapkan gelas saji.
  • Masukkan es serut, kacang merah dan potongan buah alpukat
  • Siram dengan sirup yang sudah dimasak.
  • Tuangkan susu kental manis rasa coklat
  • Es brenebon siap dinikmati

Selain potongan alpukat, Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan daging durian, kelapa muda atau puding. Selamat mencoba.

Tags minuman kuliner wisata UMKM resep
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0