oleholehjogja

Kue Yangko, Kuliner Manis dan Kenyal Khas Dari Kotagede Yogyakarta

DaerahKita 11/06/2019

Di antara khazanah kuliner tradisional khas Yogyakarta, ada satu yang cukup populer, yaitu kue Yangko. Terbuat dari bahan dasar tepung ketan, Yangko mirip rasanya dengan kue mochi asal Jepang atau Tiongkok. Yangko juga disajikan dengan baluran tepung terigu ataupun tepung maizena. Namun ada yang membedakan, jika kue mochi bentuknya bulat dan teksturnya lebih lembek dan lebih kenyal, Yangko memiliki ciri khas sendiri yaitu bentuknya yang kotak dan teksturnya sedikit lebih padat, walaupun tetap terasa kenyal saat dikunyah.

Pada awalnya, kue yang rasanya manis ini berisi campuran cincangan kacang dan gula. Namun kini kue yangko sudah dibuat dengan berbagai varian rasa, seperti strawberry, nanas, durian, dan lain sebagainya. Karena rasanya yang sedap dan bentuk serta warnanya menarik, Yangko populer menjadi panganan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh siapa saja yang berkunjung ke Yogyakarta.

 

Sebenarnya kue Yangko merupakan makanan khas dari Kotagede, sebuah kawasan di Yogyakarta yang juga terkenal dengan kerajinan peraknya. Dahulu, Kotagede merupakan ibukota Kerajaan Mataram Islam, sebuah kerajaan besar yang menjadi cikal-bakal Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta sekarang. Di kota inilah sejarah Yangko bermula. Awalnya makanan istimewa ini dikenal sebagai makanan raja-raja atau bangsawan dan priyayi. Tidak semua rakyat biasa bisa menikmatinya karena termasuk makanan mahal. Yangko ini juga dipercaya sebagai makanan yang dibawa Pangeran Diponegoro saat bergerilya, karena Yangko dapat bertahan cukup lama dan tidak mudah basi.

tokopedia
Kue Yangko dijual dalam kemasan kotak karton

Nama Yangko sendiri diyakini berasal dari kata kiyangko. Dalam pengucapan lidah orang Jawa, kata kiyangko diucapkan dengan singkat menjadi yangko. Meskipun tidak sebanyak seperti pada masa lalu, kini penjual Yangko telah bertambah di Yogyakarta. Salah satu yang terkenal adalah Yangko Pak prapto. Sejarah tersebut dimulai karena konon, orang yang pertama kali mengenalkan yangko adalah Mbah Ireng yang tidak lain adalah kakek buyut Suprapto. Meski Mbah Ireng sudah berinovasi membuat yangko sejak tahun 1921, namun yangko baru mulai dikenal luas oleh masyarakat pada sekitar tahun 1939.

Proses pembuatan Yangko ini sendiri membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan ketelatenan dalam membuatnya. Secara ringkas, proses pembuatannya adalah, pertama-tama beras ketan dikukus lalu di jemur hingga kering. Lalu beras ketan tersebut di goreng tanpa minyak dan ditumbuk untuk jadikan seperti tepung. Setelah itu air gula dimasak dan campurkan tepung tersebut secara perlahan. Lalu dimasukan juga rasa yang diingingkan dan setelah matang adonan didingingkan. Setelah adonan dingin, lalu di potong kotak dan dibaluri tepung terigu. Selanjutnya di kemas menggunakan kertas minyak.

cookpad
Kua khas Yogyakarta disajikan dalam balutan tepung

Yangko ini selain memiliki rasa yang manis juga memiliki aroma yang wangi, sehingga dapat menggugah selera kita untuk menyantapnya. Selain itu teksturnya yang kenyal dan lembut di mulut membuat kita serasa tidak mau berhenti untuk menyantapnya. Walaupun kue Yangko telah dimodifikasi dengan tambahan aneka rasa, namun tetap tidak meninggalkan ciri khasnya yang manis dan kenyal itu. Jika Anda datang ke Yogyakarta untuk tujuan wisata atau yang lainnya, carilah panganan ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di sana.

Jika Anda belum sempat datang ke Yogyakarta, tak perlu khawatir. Anda bisa menikmati kue Yangko ini dengan membuat sendiri kue ini di rumah. Berikut ini resep membuat Kue Yangko.

Bahan-bahan membuat Kue Yangko :

  1. 500 gram Tepung Ketan
  2. 2 Sendok makan Margarine
  3. 300 ml Santan (dari parutan 1/2 butir kelapa)
  4. Garam secukupnya
  5. 100 gram Tepung Maizena (bisa juga gunakan tepung terigu untuk bahan taburan)

Bahan-bahan Isi Kue Yangko :

  1. 140 gram Kacang Tanah
  2. 140 gram Gula Pasir

Cara Membuat Kue Yangko :

  1. Membuat isi Kue Yangko Istimewa : tumbuklah kacang tanah, lalu sangrai sampai halus, selanjutnya masukkan gula pasir sambil diaduk-aduk hingga rata. Lalu sisihkan.
  2. Campurkan tepung ketan dengan air lalu aduk-aduk hingga rata, selanjutnya saringlah adonan gunakan kain bersih.
  3. Tuangkan margarine yang sudah dilelehkan, aduk-aduk hingga rata sambil tuangkan air santan, garam dan pewarna makanan. aduk kembali hingga rata.
  4. Siapkan cetakan loyang, lapisi dengan menggunakan plastik, lalu tuangkanlah adonan yangko ke dalam loyang yang telah disiapkan. Kukuslah adonan selama kira-kira 45 menit hingga matang. Angkat loyang lalu dinginkan.
  5. Angkatlah Kue Yangko Istimewa yang telah matang dari loyang lalu belah jadi dua bagian.
  6. Taruh bahan isi Kue Yangko di permukaan salah satu Kue Yangko lalu ratakan, tutuplah dengan Kue Yangko yang satunya.
  7. Potonglah Kue Yangko dengan bentuk kotak-kotak, lalu gulung-gulung Kue Yangko diatas tepung maizena.
  8. Bungkus Kue Yangko dengan kertas minyak.
  9. Sajikan

Nah, selamat mencoba!

Tags kue kuliner makanan buah tangan oleh2 bisnis UMKM resep
Referensi:
  1. gudeg.net
  2. resepnusantara.id






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0