sportourism

Dago Dreampark Bandung, Wisata Alam Yang Seru Untuk Keluarga

DaerahKita 11/06/2019

Terletak tak jauh dari pusat Kota Bandung, destinasi wisata ini adalah tempat rekreasi yang menawarkan banyak spot selfie, di samping aneka wahana permainan seru. Namanya Dago Dreampark dan mulai beroperasi sekitar Juli 2016. Dengan mengusung tag line “Fun In The Nature”, tempat ini memang menonjolkan daya tarik alam untuk menghibur para pengunjungnya. Bahkan hampir 95% bangunan di Dago Dreampark menggunakan ornamen kayu jati ukiran untuk membuatnya senada dengan alam.

Suasana alami merupakan tema yang cocok bagi segala macam usia, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Dengan luas mencapai 12 hektar, saat ini ada lebih dari 30 wahana beraneka macam permainan yang ditawarkan untuk para pengunjung. Karena itu Dago Dreampark sangat layak dipertimbangkan untuk menjadi destinasi liburan Anda bersama keluarga.

Dago Dreampark ini juga memiliki pemandangan alam yang bagus berupa hutan pinus atau cemara. Tempat rekreasi ini memang dibangun di atas lahan yang konturnya tak rata, di kawasan lereng dataran tinggi penuh pepohonan. Suasananya yang sejuk dan pemandangannya yang hijau mampu membuat penat di pikiran menjadi hilang. Anak-anak pun gembira dapat bermain di alam terbuka.

Spot Selfie Unik

Kegiatan yang sudah menjadi trend saat ini adalah berbagi pengalaman di media sosial. Membuat foto selfie unik dan menarik lalu mengunggahnya di media sosial seperti instagram dan facebook akan memberi kesan berbeda bagi sang pemilik akun. Bagi Anda yang gemar berselfie-ria, Dago Dreampark ini sangat sesuai. Banyak sekali spot selfie yang populer di sini karena keunikannya. Disebut unik, karena perlu nyali besar untuk berselfie di sini. Tapi tak perlu khawatir, karena wahana selfie di sini sudah dipersiapkan safety atau keselamatannya. Berikut ini di antaranya spot selfie yang populer.

Baca Juga:

pastiseru.net
Berpose di atas permadani terbang, Aladins Carpet

1. Aladin’s Carpet (Permadani Terbang)

Dirilis pada bulan Juni 2017, wahana ini menawarkan pada pengunjung untuk bisa merasakan serunya melayang di atas permadani atau karpet terbang seperti layaknya Aladin dan Putri Jasmine. Dari atas karpet tersebut, pemandangan Dago yang indah dapat terlihat jelas. Wahana menantang adrenalin ini, merupakan salah satu spot favorit untuk berfoto. Latar belakang alam yang indah bisa bikin hasil bidikan gambar jadi lebih bagus.

Saat menaiki karpet terbang, pengunjung akan berhenti di tengah lintasan tali dan seorang fotografer akan mengambil gambar. Nantinya foto akan langsung diedit dan dicetak dengan bagian tali pengaman yang telah disamarkan atau dihilangkan, sehingga objek foto akan tampak seperti terbang. Harga tiket masuk wahana ini adalah Rp 30.000,-

bandung-tour
Serunya naik Sky Bike

Wahana Sepeda Terbang ini juga wajib dicoba. Perlu keberanian untuk mencoba wahana ini. Pengunjung bisa merasakan keseruan naik sepeda di atas seutas tali yang menggantung di ketinggian. Awalnya mungkin membuat pengunjung ragu atau takut untuk mencobanya. Jangan khawatir, pemandangan pohon yang hijau serta kabut yang menutupi pegunungan bisa membuat rasa takut hilang karena keindahan alam yang luar biasa tampak dari atas sana.

Sensasi yang dirasakan ketika menaiki sepeda gantung ini sangat menegangkan, pengunjung harus mengayuh sepedanya, kemudian berhenti di bagian tengah perjalanan untuk melakukan sesi foto. Untuk merasakan sensasi sepeda terbang dan sesi foto ini, pengunjung cukup merogoh kocek seharga Rp 30.000,- untuk tiket per orangnya.

guideku
Serba terbalik di wahana Anti Gravity berbentuk rumah joglo khas Jawa

3. Anti Gravity (Rumah Terbalik)

Wahana ini mengusung konsep rumah joglo khas Jawa. Disebut Anti Gravity karena rumah yang unik dan menarik ini didirikan dengan posisi terbalik, atapnya ada di bawah, sementara lantainya ada di atas. Topeng wayang menghiasi dinding rumah kayu ini. Tempat tidur, mesin jahit serta peralatan dapur semua didipasang terbalik. Perabotan yang mendominasi ruangan di rumah tersebut bernuansa warna coklat dari bahannya terbuat dari kayu jati berumur 200 tahun. Isi rumah ini adalah perabotan asli dari Jawa, dibongkar lalu dipasang ulang.

Semua spot yang ada di sana sangat cocok untuk dijadikan tempat pemotretan. Pengunjung bisa mengeksplorasi berbagai gaya yang seru selama di sana. Hasil foto pun bakal terlihat unik, seakan-akan pengunjung bisa melayang di udara. Jika Anda ingin menikmati keindahan rumah terbalik ini cukup membayar Rp 20.000 saja.

nativeindonesia
Berfoto di wahana Sky Tree

4. Sky Tree

Pilihan wahana selfie selanjutnya yang bisa Anda temukan di Dago Dreampark adalah Sky Tree atau pohon terbang. Di sini Anda bisa berfoto di atas dek atau platform dari kayu yang menggantung di atas pohon, seakan-akan sedang terbang. Bagi pengunjung yang fobia dengan ketinggian mungkin akan merasa gemetar saat menaiki skytree ini.

Walaupun tinggi, pengunjung tak perlu khawatir berlebihan untuk mencoba wahana ini, karena keselamatan tetap diperhatikan dengan terpasangnya peralatan safety. Apalagi ada pemandangan indah menanti Anda di atas sana. Hasil potret dari wahana ini pun bakal terlihat istimewa sebab latar belakangnya adalah pemandangan hutan pinus Dago yang hijau dan asri. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket di arena ini adalah Rp 20.000,- per orang.

wisataria
Mengambil gambar di wahana Love Seat

5. Love Seat

Wahana yang satu ini cocok dicoba bersama pasangan. Mirip seperti wahana sky tree yang terletak di atas ketinggian, di sini pengunjung bisa melihat pemandang alam sekeliling bersama pasangan di atas platform yang sudah dilengkapi dengan meja dan kursi serta hiasan cantik di sekelilingnya.

Ini adalah spot foto yang juga diminati, karena suasanya yang romantis. Jadi jangan lupa juga untuk mengabadikan momen istimewa bersama pasangan Anda di wahana ini dengan satu atau dua kali jepretan kamera. Dengan pose duduk berhadapan di satu meja yang telah dihias ini, aura romantis akan tampak terasa pada objek foto yang dihasilkan.

tripadvisor
Seakan-akan ikut terbang bersama rumah Up House

6. Up House

Dago Dreampark menghadirkan rumah milik Kakek Carl di film animasi Hollywood terkenal berjudul “UP” ke dunia nyata. Di sini pengunjung bisa berfoto ria bersama pasangan atau keluarga. Wahana ini sangat populer, karena foto yang diambil di sini hasilnya istimewa, seakan-akan kita ikut terbang ke angkasa menaiki rumah milik Kakek Carl.

creandivity
Wahana Bird Nest atau sarang burung raksasa

7. Bird Nest (Sarang Burung)

Ini merupakan spot selfie berupa tempat duduk berbentuk sarang burung. Pengunjung cukup membayar Rp. 20.000,- jika ingin berfoto di Bird Nest ini. Saat melihat hasil fotonya, seakan-akan kita sedang berada di sarang burung raksasa yang menempel di atas pohon tinggi.

jabarpos
Ethnic Village Kampung Dayang Sumbi

8. Ethnic Village

Sesuai dengan namanya, wahana ini penuh dengan rumah-rumah bergaya etnik di tengah sawah dan pohon-pohon pisang. Tempat ini bernama Kampung Dayang Sumbi. Wahana ini disediakan untuk berfoto-foto sekaligus sebagai tempat untuk melepas lelah para pengunjung. Dan tentu saja karena ini termasuk dalam list ‘wahana’, jadi untuk masuk ke kampung ini kita harus membayar tiket juga.

jabar.tribunnews
Hummpie, hammcok yang tergantung di pohon yang tinggi

9. Hammpie

Hammock adalah tempat tidur berupa kain yang diikat antara dua pohon sehingga bentuknya mirip ayunan. Di sini wahana menggunakan hammock ini disebut Hammpie. Ayunan hammock di sini dipasang cukup tinggi. Wahana ini menawarkan kesempatan beristirahat dan berfoto di atas ayunan yang dipasang di pohon yang tinggi. Untuk menikmati wahana ini, pengunjung harus membayar Rp. 20.000,-

Wahana Petualangan

Berbagai wahana bernuansa petualangan ditawarkan di Dago Dreampark. Berikut inidi antaranya.

tripadvisor
Wahana Pirates Ship, kapal yang berayun

1. Pirate’s Ship

Pirate’s Ship ini mirip dengan wahana Kora-Kora yang ada di Dunia Fantasi, Jakarta. Sama-sama ayunan berbentuk perahu. Bedanya, di Dago Dreampark, ukuran perahu lebih kecil dan tidak diayun terlampau tinggi, jadi cukup aman jika anak kecil bermain di sana. Tarif untuk bisa menikmati wahana ini adalah Rp 20.000,-

reisha.net
Berkeliling kawasan wisata Dago Dreampark dengan kuda tunggang horse around

2. Horse Around (Kuda Tunggang)

Karena area Dago Dreampark ini terhitung luas dengan jalur yang naik turun, rasanya akan melelahkan kalau ingin berkeliling melihat tempat ini sambil berjalan kaki. Agar tidak terlampau lelah, pengunjung bisa mencoba fasilitas keliling dengan naik kuda. Dengan membayar tiket sebesar Rp 30.000,- penumpang bisa menunggang kuda sambil melihat-lihat pemandangan di lingkungan Dago Dreampark.

pegipegi
Mengayuh dayung di atas perahu Row A Boat

3. Row A Boat (Perahu Dayung)

Row A Boat adalah perahu dayung yang bisa dinikmati oleh keluarga. Tarif sewanya yaitu sebesar Rp 30.000,- Wahana perahu ini masuk dalam permainan favorit bagi pengunjung, tak ada salahnya Anda ikut mencoba.

zesthotel
Untuk berkeliling, paling mudah dan nyaman dengan naik Bus Wara Wiri

4. Bus Wara-wiri

Ikon tempat wisata ini adalah Bus Wara Wiri yang sekilas tampak seperti Bus Bandros, bus wisata yang dioperasikan di Kota Bandung. Dago Dreampark selain memiliki arena luas juga berada di lahan dengan kontur tanah perbukitan yang naik turun dan lumayan curam, sehingga terasa cukup berat juga kalau harus terus berjalan kaki di sini. Oleh sebab itu keliling area Dago Dreampark akan lebih nyaman jika menggunakan fasilitas Bus Wara Wiri tersebut. Untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung perlu membayar tiket seharga Rp 10.000,- saja. Bus wara wiri ini menempuh rute yang sudah ditentukan. Naik dan berhentinya di tempat yang sudah ditetapkan.

anekawisata
Mengenal lebih dekat hewan ternak di Uncles Barn

5. Uncle’s Barn (Area Ternak)

Umumnya anak-anak tertarik melihat berbagai binatang. Di wahana ini ditawarkan proses pembelajaran yang penting bagi anak untuk mengenal lebih jauh berbagai macam binatang ternak dan berinteraksi dengan mereka secara langsung. Misalnya memberikan makan untuk kelinci dan hewan-hewan lain. Di sini anak-anak diajak merasakan berbagai pengalaman yang menarik dengan hewa-hewan serta melatih anak menjadi pribadi yang sayang pada binatang. Tiket masuk ke wahana ini adalah sebesar Rp. 30.000,-

wisatabarubandung
Wahana perahu untuk anak, Kiddies Boat

6. Kiddies Boat (Perahu Anak)

Kiddies Boat atau Hand Boat adalah perahu yang dikayuh dengan cara memutar pedal menggunakan tangan. Wahana ini hanya bisa dinikmati oleh anak-anak dengan usia maksimal 12 tahun. Harga sewanya adalah Rp 20.000,-

wisatabarubandung
Mandi bola di arena permainan anak Pine House

7. Pine House (Arena Bermain Anak)

Wahana ini seperti tempat permainan anak yang ada di mall dengan membayar biaya perjam. Di Dago Dreampark, arena bermain anak ini memiliki tarif Rp. 30.000,-

infobdg
Serunya meluncur di wahana Sky Gliding

8. Sky Gliding

Wahana ini tak lain adalah sejenis Flying Fox, sama saja. Jadi wahana di Dago Dreampark ini tentu sudah bukan hal yang asing lagi. Untuk pencinta aktivitas yang memacu adrenalin pasti tergiur untuk mencoba wahana flying fox saat berada di tempat rekreasi ini. Sambil meluncur dari atas ketinggian pengunjung juga bisa melihat pemandangan Dago yang cantik. Maksimum beban yang diperbolehkan adalah 150 kg, jadi anak-anak hingga orang dewasa bisa mencoba wahana ini. Bahkan jika misalnya anak Anda takut, bisa ditemani meluncur dengan cara tandem, asalkan total bobot kedua penumpang tak lebih dari 150 kg. Tarif wahana ini cuma Rp 20.000,- saja.

Wahana Ketangkasan

Beberapa wahana juga cukup menantang, aktivitasnya menguji ketangkasan kita dalam bermain.

22arahmadini
Menguji ketangkasan memanah di wahana Archery

1. Archery (Panahan)

Belakangan ini olahraga memanah semakin populer dan diminati. Bagi pengunjung yang gemar memanah, di sini tersedia wahana archery. Pengunjung bisa menguji konsentrasi dan keahlian dalam membidik anak panah ke target sasaran yang jaraknya sejauh kurang lebih lima meter. Tarif wahana ini adalah Rp 30 ribu. Pengunjung akan diberikan kesempatan untuk melepas sepuluh buah anak panah. Di sini digunakan busur dan panah asli, tapi permainan ini tetap bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak perlu khawatir dengan keamanan. Sebab, akan ada pemandu yang siap membantu.

2. Hook A Fish (Memancing)

Kegiatan memancing juga jadi favorit di tempat wisata ini. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas menyenangkan ini. Mulai dari melatih kesabaran dan konsentrasi hingga menghilangkan stress. Bagi pengunjung yang ingin mencoba wahana tersebut diharuskan untuk membayar tarif sebesar Rp 30.000,-

satuwisata
Wahana untuk anak bermain sepeda, becak mini dan otoped, Geared Up

3. Geared Up

Wahana ini ditujukan untuk anak-anak. Dengan membayar sewa sebesar Rp 30 ribu, mereka bisa coba naik sepeda, becak mini, atau otopet dengan melewati jalur lintasan balap khusus. Track yang dibuat oleh pengelola ini cukup aman dan tentu semakin membuat anak-anak semangat, karena lintasan dikhususkan untuk mereka bermain.

tourbandung
Melaju dengan ATV di track tak beraspal

4. ATV

ATV atau All Terrains Vehicle merupakan sejenis motor beroda empat. Kendaraan ini cocok digunakan untuk kegiatan offroad, atau jalan tidak beraspal seperti jalan berbatu, tanah dan lumpur. Dago Dreampark tak ketinggalan untuk memasukkan ATV sebagai salah satu atraksi dalam daftar wahananya. ATV bahkan pun jadi favorit pengunjung ketika datang ke sana. Sensasi petulangan akan begitu terasa ketika menaiki ATV ini.

java-wisata
Permainan ular tangga raksasa, Lost In Paradise, tampak dari atas

5. Lost In Paradise (Ular Tangga)

Jika biasanya permainan ular tangga dilakukan sambil duduk-duduk, tidak demikian dengan permainan ular tangga raksasa ini. Pemain harus bergerak aktif mengikuti alur permainan. Inilah yang membuat wahana ini menarik, yang menjadi pion pada permainan ini adalah diri kita sendiri. Sensasi keseruan berada di arena ular tangga raksasa inilah bakal Anda rasakan saat menjajal wahana Lost in Paradise. Di tiap titik akan ada tantangan yang harus diselesaikan menanti Anda. Permainan ular tangga direalisasikan dengan perjalanan menuju puncak. Caranya dengan menaiki tangga berbatu dan rintangan seperti menuruni papan dengan ular alias seluncuran dan melewati tantangan-tantangan lain.

Di perjalanan menuju puncak, pengunjung bisa melakukan foto dan beristirahat di tempat duduk yang terbuat dari batu. Hijaunya rumput dan bunga di perjalanan membuat rasa letih dan pegal menjadi seakan hilang. Dengan membayar tiket Rp 30.000,- per orang, pengunjung bisa merasakan permainan seru di wahana ini.

trivindo
Food truck tampak diparkir rapi, siap melayani para pengunjung yang mencari kuliner

Arena Kuliner

Di kawasan paling atas terdapat pula tempat makan yang menyediakan berbagai macam menu. Aneka menu makanan baik lokal tradisional maupun bercita rasa Eropa, selain dijual dengan tenda-tenda ada juga makanan yang dijual dengan food truck. Seluruhnya tersedia dua restoran, tiga foodcourt dan cafetaria yang tersedia di beberapa zona di kawasan Dago Dreampark ini.

Informasi Umum

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi wahana yang ditawarkan oleh Dago Dreampark, misalnya saja Flying Lounge (Sofa Gantung), Paragliding (paralayang), Gembok Cinta, Hover Fun, Clasy (Tanah Liat), Choo Choo Train, Tarzan’s Cross, dan lain-lain. Anda bisa mengeksplorasi lebih jauh lagi bila berkesempatan datang ke Dago Dreampark ini.

22arahmadini
Tag line Dago Dreampark yang menonjolkan suasana alami, Fun In The Nature

Sementara itu, tentang fasilitas penunjang yang ada, untuk menampung kendaraan seluruh pengunjung, lahan parkir yang disediakan pengelola cukup luas. Mampu memuat 2500 motor, 3000 mobil, 30 bus 3/4 dan 20 bus 60 seat dalam waktu yang bersamaan. Fasilitas umum di tempat ini juga dilengkapi dengan Mushola dan toilet di beberapa zona, gazebo istirahat, dan lain sebagainya. Selain itu tersedia juga ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk aktifitas bersama jika pengunjung datang dalam bentuk grup atau berkelompok seperti untuk family gathering misalnya.

Harap diingat, tiket masuk, tiket wahana dan tiket parkir bisa ditukar dengan snack, es krim, stiker atau bahkan souvernir. Jangan dibuang begitu saja.  Satu tiket wara wiri bisa ditukar dengan snack, tiket wahana dengan es krim, tiket masuk dengan souvernir dan tiket parkir dengan stiker yang bisa kita tempel di kendaraan kita.

Jam buka Dago Dreampark di mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB pada hari biasa (Senin-Juma’at), sementara di hari libur atau weekend, Dago Dreampark dibuka lebih lama yaitu mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Sedangkan Alamat lengkap Dago Dreampark adalah berada di Jl. Dago Giri KM 2.2, Mekarwangi, Pagerwangi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tepatnya berada Sebelum Restoran Lawang Wangi. Lokasinya tidak begitu jauh dari kawasan Dago Atas, sehingga tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Jadi tunggu apa lagi, yuk ajak keluarga kunjungi Dago Dreampark Bandung.

Tags wisata liburan anak taman bermain alam theme park
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0