kepogaul

Serba-serbi Wisata ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta

DaerahKita 02/06/2019

Sebagai salah satu tempat wisata tertua di Jakarta, Kebun Binatang Ragunan terkenal sebagai tujuan wisata yang sangat populer di ibukota sejak dahulu. Sejarah Kebun Binatang ini sudah dimulai sejak jaman Hindia Belanda, tepatnya sejak tahun 1864. Walaupun telah melewati berbagai jaman dan kini banyak alternatif tempat hiburan tersedia di sekitar Jakarta, Kebun Binatang ini tetap memiliki daya tarik yang istimewa. Terlihat pada setiap saat musim liburan tiba, Kebun Binatang yang berdiri di atas lahan seluas 140 hektar ini tetap akan dipenuhi oleh pengunjung, terutama ketika libur tahun baru atau libur lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, tiba. Masyarakat berbagai usia datang berbondong-bondong berekreasi ke Kebun Binatang yang juga dikenal dengan nama Taman Margasatwa Ragunan ini.

thetripcorner
Taman Pelikan di Kebun Binatang Ragunan

Lalu apa yang membuat tempat ini mampu menarik banyak wisatawan datang? Tentu saja yang utama adalah koleksi binatangnya. Ada sekitar 2000 satwa menjadi koleksi Kebun Binatang ini yang terdiri dari berbagai jenis mamalia dan reptilia, aves (unggas), serta pisces (ikan-ikanan). Di antaranya ada spesies-spesies langka yang eksotis. Koleksi satwa ini diminati pengunjung baik dewasa maupun anak-anak. Jadi selain untuk rekreasi, tempat ini bisa menjadi media pembelajaran juga bagi anak-anak untuk mengenal lebih dekat berbagai spesies hewan yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Harap diingat, beberapa koleksi satwa di sini memang berasal dari luar negeri.

Selain itu, Taman Margasatwa Ragunan menawarkan suasana yang berbeda, menyerupai alam rimba yang serba asri. Banyak tumbuhan berupa pohon-pohon besar nan rindang serta rerumputan terhampar. Suasana seperti ini membuat mata tak jemu memandang sekeliling. Panas terik matahari di tempat terbuka bisa dihindari dengan naungan pepohonan. Beristirahat santai sambil menikmati bekal dengan menggelar tikar pun bisa dilakukan di atas area rerumputan. Kita bisa piknik dengan tenang bersama keluarga.

thetripcorner
Pengunjung beristirahat santai di bawah naungan pohon

Semua jalan di kawasan kebun binatang sudah dipasangi paving block. Jadi terasa nyaman untuk berjalan kaki dan tidak perlu khawatir lagi jika ada anggota keluarga yang menggunakan kursi roda atau membawa stroller. Kita juga tidak perlu pusing saat berkeliling, karena ada tiang penunjuk arah serta papan peta yang akan membantu selama berkeliling di dalam.

Tak cukup hanya itu, Pengelola Taman Margasatwa Ragunan juga meningkatkan pelayanannya dengan menyediakan aneka wahana guna membuat para pengunjung merasa puas berkunjung ke kebun binatang ini. Untuk dapat menikmati wahana-wahan tersebut pengunjung akan dikenai biaya tambahan. Berikut ini berbagai wahana yang disediakan bagi para pengunjung.

apartmenkemangvillage
Berkeliling dengan menunggang unta serasa di padang pasir

1. Onta Tunggang

Onta merupakan salah satu koleksi milik Kebun Binatang Ragunan sendiri. Setelah dilatih beberapa waktu, siap untuk bertugas untuk atraksi Onta Tunggang. Sekali angkut, maksimal 3 orang saja untuk dibawa berkeliling. Di sini, penumpang akan menikmati sensasi transportasi seperti di negeri padang pasir.

youtube
Anak-anak bisa mencoba naik kuda pony di Taman Satwa Anak

2. Kuda Tunggang

Wahana ini ditujukan untuk anak-anak, karena kuda yang disediakan adalah jenis kuda pony. Kuda berukuran kecil itu menjadi andalan wahana Kuda Tunggang. Tidak perlu khawatir pada anak-anak yang menunggangi kuda, mereka tetap aman, karena petugas terus memegang tali kekang kuda dan menuntunnya mengelilingi area taman satwa anak.

youtube
Serunya naik gajah, satwa yang tinggi besar tapi jinak

3. Gajah Tunggang

Naik Gajah Tunggang juga tak kalah menarik. Satwa ini telah dilatih dengan baik, sehingga walaupun tinggi dan besar tubuhnya, tapi tetap tampak jinak dan siap mengangkut para penumpang berkeliling dengan dikawal oleh seorang pelatih gajah. Dalam sekali angkut, hanya 4 orang penumpang maksimal yang diperbolehkan.

nativeindonesia
Jika lelah berkeliling, bisa dilanjutkan dengan naik kereta seperti ini

4. Kereta Keliling

Jika sudah lelah berjalan kaki, atau Anda datang bersama lansia, tersedia alternatif untuk menaiki Kereta Keliling. Cukup duduk, kereta akan membawa penumpang berkeliling kawasan Ragunan sambil merasakan udara segar dan menikmati pemandangan sekeliling serta melihat aneka satwa yang dijumpai selama perjalanan. Kendaraan yang menampilkan motif satwa ini juga menarik bagi anak-anak.

medcom
Jembatan tree-bridge di Taman Satwa Anak sangat disukai anak-anak

5. Taman Satwa Anak

DI sini anak-anak diajak untuk lebih mengenal dengan cara yang lebih aman dan nyaman bagi mereka. Di dalam Taman Satwa Anak, terdapat beberapa binatang yang disukai anak-anak, seperti burung kakatua, binatang pengerat, ikan raksasa arapaima gigas, ular condrophyton yang memiliki warna-warna indah, dan lain sebagainya. Selain bisa berkenalan dengan satwa-satwa, di tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa permainan khusus untuk anak-anak, seperti ayunan, jaring laba-laba, dan sederet permainan lainnya.

wego
Rental sepeda juga tersedia

6. Penyewaan Sepeda

Mungkin Anda ingin mengelilingi Taman Margasatwa yang luas ini sekaligus berolahraga. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyewa sepeda di tempat penyewaan yang sudah disediakan. Ada dua model sepeda yang bisa dipilih, yaitu sepeda tunggal yang hanya bisa dinaiki satu orang dan sepeda ganda yang memiliki dua kayuh dan bisa dinaiki dua orang (tandem). Lokasi penyewaan sepeda ini bisa ditemukan tak jauh setelah Anda masuk pintu gerbang.

tantular
Mobil mini di Taman Permainan Anak

7. Taman Permainan Anak

Sebelum mengunjungi Taman Refleksi Kebun Binatang Ragunan dari sisi kanan kebun binatang, maka kita akan bertemu taman rekreasi anak. Ada sangat banyak wahana permainan moderen yang bisa anak-anak nikmati, dengan biaya yang terjangkau, seperti kereta mini, mobil mini, dan lain-lain.

tantular
Gorila ini primadona Pusat Primata Schmutzer

8. Pusat Primata Schmutzer

Tempat ini merupakan tempat khusus yang didirikan untuk konservasi primata. Ada banyak sekali jenis primata disini, mulai dari primata domestik hingga luar. Tempat ini dirancang khusus layaknya tempat tinggal asli para primata. Ikon tempat ini adalah satwa Gorila asal Afrika. Lebih jauh tentang pusat primata ini bisa dibaca di sini.

hargatiket
Jika tertarik, pengunjung bisa mencoba naik bendi atau delman ini

9. Kuda Bendi

Alat transportasi ini sudah jarang kita jumpai. Kuda bendi yang biasa disebut juga delman atau andong tersedia di Taman Margasatwa Ragunan bagi penumpang yang mungkin lelah berkeliling atau ingin mencoba sensasi naik alat transportasi jaman dahulu. Rute yang dilalui oleh delman antara lain melewati kandang beruang, kandang orang utan, kandang burung dan kandang yang jarang dikunjungi oleh pengunjung seperti kandang babi hutan di bagian belakang kebun binatang.

10. Pentas Satwa

Di sini kita bisa menyaksikan atraksi berbagai jenis satwa yang sudah terlatih seperti kakatua bermain gelang warna warni, pertunjukan elang, beruang yang bermain sepeda, dan lainnya. Atraksi ini dikemas secara lucu dan pasti akan membuat para penonton tertawa dengan tingkah polah satwa yang menggemaskan.

medcom
Ramainya pengunjung mencoba wahana Perahu Angsa di danau buatan Kebun Binatang Ragunan

11. Perahu Angsa

Tempat ini memiliki sebuah kolam yang membentang dari utara ke selatan dengan luas mencapai 2.000 m2. Di tengah kolam tersebut juga terdapat beberapa pulau buatan kecil. Kalau ingin menjelajahi danau ini, kita bisa menggunakan perahu angsa. Sambil kaki mengayuh dengan santai, perahu angsa akan bergerak perlahan mengelilingi danau.

atmago
Pengunjung menggunakan kartu JackCard untuk masuk ke kawasan Taman Margasatwa Ragunan

Demikianlah berbagai fasilitas serta wahana yang tersedia di Taman Margasatwa Ragunan yang kini semakin lengkap dan beragam. Tak salah kalau berkunjung ke tempat ini bisa menjadi alternatif utama mengisi waktu liburan Anda bersama keluarga.

Sebagai tambahan, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui tentang Taman Margasatwa Ragunan:
  • Lokasi kebun binatang ini beralamat di Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Waktu operasionalnya adalah hari Selasa-Minggu, mulai pukul 07.30 hingga 16.00. Sementara hari Senin tutup.
  • Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa gunakan bus Transjakarta Koridor-6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas yang halte pemberhentian berada persis di depan Kebun Binatang Ragunan. Dengan membayar sebesar Rp3.500,00 kita bisa sampai tempat ini tanpa perlu mencari dan membayar parkir lagi. Selain itu bisa naik Commuter Line, lalu turun di Stasiun Pasar Minggu. Selanjutnya, bisa pilih naik angkot KWK S15A sampai depan Ragunan, atau menggunakan ojek dan taksi.
  • Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan untuk dewasa seharga Rp4.000,00, dan anak-anak seharga Rp3.000,00. Pembayaran tiket menggunakan kartu JakCard keluaran Bank DKI. Jadi, pengunjung tidak lagi mendapatkan kertas karcis sebagai tanda masuk Kebun Binatang Ragunan. Bagi para pengunjung yang belum punya, kartu ini bisa dibeli di loket masuk Ragunan dengan membayar Rp35.000,00. Harga ini termasuk saldo kartu Rp20.000,00 dan biaya kartu Rp10.000,00. Satu kartu bisa digunakan beberapa orang sekaligus selama saldo masih cukup. Kalau saldo kamu masih sisa banyak, kartu ini bisa masih bisa dipakai untuk naik Transjakarta, MRT Jakarta, dan naik ke atas Monas.
  • Saat ini, sudah ada aplikasi bernama Ragunan Zoo yang tersedia untuk diunduh gratis. Pada aplikasi ini ada beragam informasi yang berguna. Mulai dari info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, hingga kuis trivia binatang. Semua bisa menjadi lebih praktis saat berjalan-jalan di sana karena kita hanya perlu memegang handphone untuk mencari tahu semua hal tentang Ragunan.

techno.id
Tampilan app Ragunan Zoo di smart phone

Bagi Anda yang tengah mencari informasi tentang Kebun Binatang Ragunan, semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang serba-serbi berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan. Selamat berlibur!

Tags kebun binatang satwa hewan wisata liburan anak edukasi
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0