travellingyuk

Kue Bhoi Panganan Bolu Khas Aceh

DaerahKita 31/05/2019

Berkunjung ke Aceh, kita akan berjumpa salah satu panganan khas yang bernama Kue Bhoi. Kudapan ini sejatinya adalah sejenis kue bolu, tapi memiliki ciri khas yang berbeda. Terutama adalah hal bentuknya. Kue Bhoi dibuat dengan menggunakan cetakan untuk menghasilkan kue dengan bentuk menyerupai ikan, bunga, bintang, binatang, dan loyang. Di Aceh, kue ini biasa dimakan dengan segelas kopi atau teh untuk dicelup.

Bhoi adalah sejenis kue bolu, berbahan tepung beras, telur bebek dan gula pasir. Seiring perkembangan zaman, bahan pembuat bhoi kini mulai disesuaikan dengan kesukaan masyarakat, yakni tepung beras digantikan dengan tepung terigu, dan telur bebek, digantikan dengan telur ayam. Dulu beras lebih mudah didapatkan karena sebagian besar warga Aceh adalah petani padi. Begitu juga telur bebek. Namun kini telur bebek lebih mahal harganya dibandingkan telur ayam sehingga kini orang lebih memilih menggunakan telur ayam.

Dari segi rasa tidak berbeda, hanya saja kalau bhoi berbahan tepung beras, teksturnya sedikit lebih kasar dan berderai dimulut ketika dikonsumsi. Tapi bhoi berbahan tepung beras akan tahan lama dan awet. Sedangkan kue berbahan tepung terigu, teksturnya lebih lembut dan lebih disukai.

steemit
Kue Bhoi dicetak dengan cetakan kuningan berbagai bentuk

Jika diperhatikan ada yang membedakan bolu dengan bhoi. Lazimnya, kue bolu bertekstur lembut di permukaan dan di dalam. Sementara bhoi, tekstur luarnya kering dan di dalamnya lembut. Permukaan kue tersebut kering lantaran dipanggang di dalam oven dengan cetakan khusus yangterbuat dari kuningan. Kelebihan kue Bhoi bisa tahan beberapa bulan. Makanan ini tahan lama dengan perantaraan gula sebagai pengawet. Kandungan gulalah yang berfungsi sebagai pemanis sekaligus pengawet. Kelebihan lain dari kue bhoi ini, tidak adanya zat pewarna.

Dahulu, kue bhoi merupakan penganan kalangan ningrat termasuk keluarga Sultan Iskandar Muda. Penganan ini disajikan kepada tamu istimewa yang datang berkunjung, atau saat perhelatan adat besar seperti pesta perkawinan. Bahkan dalam hidangan khusus untuk para keluarga besar disajikan sebuah bhoi bentuk ikan dengan ukuran besar dalam sebuah piring. Ini untuk menunjukkan kelas dari keluarga si pegantin perempuan dan uniknya kue besar ini tidak boleh dimakan, hanya untuk menunjukkan bahwa ini adalah syarat adat yang harus dipenuhi keluarga pengantin perempuan. Jadi kue bhoi adalah sebuah indikasi adat yang berkelas yang keberadaannya tidak ditemui disemua tempat.

kulinerventure
Salah satu bentuk kue Bhoi yang banyak ditemui

Tapi, seiring perkembangan zaman, kue dengan rasa manis ini sudah lebih mudah dijumpai di pasar, terutama disentra-sentra penjualan kue kering khas Aceh. Selain dijual sebagai oleh-oleh, kue bhoi juga sering dibeli masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari. Kue bhoi dijadikan bagian seserahan dari pengantin pria untuk pengantin wanita pada acara pernikahan. Disamping itu bhoi banyak jadi buah tangan saat berkunjung ke rumah saudara atau hajatan seperti khitan dan kelahiran, atau hidangan saat hari raya lebaran.

Jika ingin membelinya saat berada di Aceh, kue bhoi bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Kue ini bisa juga diperoleh di toko khusus yang menjual souvenir Aceh. Tak hanya itu, ada juga gerai yang khusus menjual kudapan ini. Seperti halnya di Lampisang. Kedai-kedai yang berjejer di sepanjang jalan mengarah ke kawasan wisata Lampuuk, Aceh Besar, tersebut menjual beragam penganan tradisional Aceh, termasuk bhoi. Selain itu, gerai yang khusus menjual penganan tradisional tersebut juga dapat dijumpai di Pasar Aceh, Pasar Peunayong, dan Pasar Seutui,  toko-toko di daerah Lhoknga, Aceh Besar, dan lain-lain.

Namun kalau Anda tidak sempat ke Aceh, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Berikut ini resep untuk membuat kue Bhoi.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 2 bungkus vanili
  • ¼ sendok soda

Cara membuat:

  1. Masukkan telur dan tambahkan gula pada baskom atau wadah lain. Kocok sampai mengembang.
  2. Masukkan vanili dan soda, kemudian kocok lagi sampai menyatu.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang sampai matang.

Tags kue kuliner makanan oleh2 buah tangan UMKM resep
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0