steemit

Kue Keukarah Kuliner Unik Asal Aceh

DaerahKita 28/05/2019

Ada berbagai macam kue tradisional di Aceh. Salah satunya bernama keukarah atau kue karah. Kue khas Aceh ini adalah sejenis kue kering yang memiliki rasa manis dan renyah, cocok menjadi teman yang pas saat bersantai sambil menikmati secangkir kopi khas Tanah Rencong. Walaupun sempat langka kini keukarah malah makin diminati. Ini tak lepas dari teksturnya yang garing, renyah dan rapuh dipadu bentuknya nan unik menyerupai sarang burung atau seperti jalinan mie hun. Warnanya kuning keemasan, berasal dari warna alami adonan yang digoreng menggunakan minyak. Tak heran sebagian ada yang menyebut kue ini dengan nama kue Sarang Burung. Karena bentuknya yang unik, kue ini sering dijadikan oleh-oleh yang bisa dibawa ke mana saja.

Walaupun berkesan seperti sarang burung, keukarah bentuknya lebih beraturan, bisa divariasikan sesuai selera, misalnya berbentuk bulan sabit, gulungan, piringan, dan segitiga. Namun, itu sebatas bentuk fisiknya saja, karena memang tidak ada campuran sarang burung walet sama sekali dalam adonannya. Di wilayah pantai Timur Utara Aceh, umumnya kue ini berbentuk bulan sabit dengan panjang sekitar 10 – 15 cm. Sedangkan di Aceh Barat umumnya berbentuk segitiga, ukurannya pun beragam, ada yang sebesar cupee atau piring kecil, ada yang sebesar piring, dan ada yang lebih besar lagi, tergantung keperluan dan selera. Yang besar ini biasanya sudah tidak garing lagi, teksturnya pun menjadi liat, untuk memudahkan cara memakannya biasanya diseduh dengan teh atau kopi panas.

medanbisnisdaily
Proses Memasak Kue Keukarah

Keukarah dibuat dari campuran tepung dan santan. Untuk membuat kue keukarah ini cukup sulit. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran khusus menyelesaikannya. Bahan-bahan seperti tepung beras, gula, dan air diaduk satu menjadi adonan kental dan tidak terputus.

Cetakannya terbuat dari tempurung kelapa. Persis seperti sendok kayu (aweuk kayee) yang banyak dipakai oleh orang Aceh dahulu. Bagian dasar tempurung dilubangi sebanyak mungkin sebesar ujung lidi.

Adonan yang sudah diaduk rata kemudian dimasukkan ke dalam cetakan, lalu digoyang-goyangkan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Begitu adonan jatuh ke dalam minyak segera dibentuk menggunakan kayu kecil sehingga jadi seperti lempengan mirip serabut, lalu dilipat. Selanjutnya tinggal menunggu kue matang dan segera diangkat untuk ditiriskan.

 

Proses pembuatan kue ini menuntut kegesitan tinggi karena adonan ini mudah hangus jika terlalu lama dipanaskan. Selain itu membuat keukarah ini harus dengan kesabaran. Sebab, kue tersebut hanya bisa digoreng satu-persatu dalam satu penggorengan, sehingga butuh waktu relatif lama. Kerumitan proses pembuatan menyebabkan keukarah sulit ditemukan di etalase toko kue, kecuali pada waktu-waktu tertentu, semisal saat Lebaran.

bandaacehtourism
Kue Keukarah dalam kemasan bisa untuk oleh-oleh

Kue keukarah bisa dipesan atau dibeli di toko-toko makanan ringan dan souvenir khas Aceh. Biasanya, jenis kue ini bisa dijumpai di pasar tradisional atau penjual kue khas seperti di Lampisang, Aceh Besar, sekitar objek wisata sejarah Rumah Cut Nyak Dhien, di jalan raya dari Banda Aceh menuju ke Meulaboh. Sedangkan di supermarket atau toko kue biasa, sulit dijumpai. Meski demikian, penganan ini bisa dijumpai di berbagai daerah di Serambi Mekkah.

Selain saat hari raya (Lebaran), kuliner ini bisa ditemui pada acara-acara adat dan kenduri di Aceh, misalnya pada perayaan pesta perkawinan. Dari beraneka jenis kue khas yang dipersembahkan sebagai hantaran pada pesta perkawinan, keukarah menjadi satu jenis makanan yang diserahkan oleh calon pengantin kepada calon istrinya.

Saat ini, kue keukarah telah berubah ke dalam berbagai bentuk sesuai keperluan. Dan tentu saja bisa menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Aceh. Banyaknya permintaan menyebabkan para pembuat kue tradisional kian semangat untuk terus menjual kue khas Aceh yang mulai dilupakan oleh masyarakat ini.

Tags kue kuliner makanan UMKM resep oleh2 buah tangan
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0