merdeka

Fenomena Unik Api Abadi Mrapen di Grobogan Jawa Tengah

DaerahKita 27/05/2019

Tahun 2018 lalu, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Dalam pesta olahraga Asia empat tahunan itu, ada satu peristiwa menarik, yaitu acara penyalaan api untuk dibawa berlari dengan obor. Secara berantai api tersebut kemudian dibawa sampai ke Jakarta untuk dinyalakan selama event olahraga tersebut berlangsung di kawasan Senayan. Tak hanya itu, pada gelaran Ganefo I tanggal 1 November 1963, Pekan Olahraga Nasional (PON) mulai PON X tahun 1981, POR PWI tahun 1983 dan HAORNAS, penyalaan obor juga dilakukan di tempat yang sama.



Masih ingatkah Anda nama tempat mula-mula api obor tersebut dinyalakan? Betul, namanya Mrapen, berada di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Sebenarnya tempat tersebut merupakan salah satu destinasi wisata menarik di provinsi Jawa Tengah, dikenal dengan nama Kawasan Api Abadi Mrapen. Disebut api abadi, karena memang apinya tidak pernah mati walaupun terkena siraman air hujan. Unik bukan?

Lalu bagaimana bisa terjadi seperti itu? Api di Mrapen yang tidak pernah padam itu rupanya terjadi akibat adanya fenomena geologi. Api itu selalu menyala karena gas alam yang keluar ke permukaan bumi tersulut api. Karena selalu ada pasokan bahan bakar berupa gas alam itu secara terus-menerus dari dalam tanah, api itu pun terus menyala.

idntrip
Nyala api di sumber Api Abadi Mrapen, Grobogan

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, lokasi api abadi di Mrapen, secara fisiografis berada di Zona Depresi Randublatung. Sedangkan dari sisi geologis, situs Api Abadi ini tersusun oleh batulempung dan batugamping. Situs ini kaya dengan struktur geologi berupa patahan dan lipatan, sehingga menciptakan zona lemah yang kemudian menyebabkan gas alam yang dihasilkan di kedalaman bisa menemukan jalur menuju permukaan.



Gas yang keluar sampai ke permukaan di situs Api Abadi ini mempunyai komposisi utama gas metana (CH4). Untuk diketahui, gas metana merupakan gas termogenetik yang terbentuk dari bahan organik fosil pada tekanan dan suhu tinggi yang berlangsung selama jutaan tahun di perut bumi. Gas metana bukan merupakan gas beracun tapi merupakan gas yang mudah terbakar, sehingga mudah menyala jika tersulut api.

Fenomena geologis unik seperti itu tidak mudah ditemukan di tempat lain, karena itu kawasan Api Abadi Mrapen ini sangat cocok menjadi tujuan wisata pendidikan. Jika ada waktu dan kesempatan, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk datang berkunjung mengisi waktu liburan Anda bersama keluarga di sini.

Tags wisata sains geografi edukasi
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0