sipayo

Es Timun Suri, Minuman Khas Bulan Ramadhan Warga Jakarta

DaerahKita 25/05/2019

Bulan Ramadhan adalah bulan yang berbeda dibanding bulan lainnya. Untuk warga Jakarta, kehadiran bulan suci Ramadhan juga diiringi hadirnya buah timun suri. Buah yang hanya muncul di bulan puasa ini, sangat diminati warga untuk dihidangkan sebagai bahan untuk minuman berbuka puasa, Es Timun Suri. Rasanya yang menyegarkan, sangat cocok untuk menghilangkan haus setelah seharian berpuasa.

Timun suri ini tidak sama dengan mentimun (Cucumis sativus), walau pun bentuk buahnya memanjang dan menyerupai mentimun. Secara morfologi dan sitologi ia berbeda. Bentuk daun dan ukuran bijinya lebih mendekati blewah atau melon. Nama ilmiah buah ini cukup panjang, Cucumis melo L. var reticulatus Naudin.

cookpad
Minuman Es Timun Suri siap dihidangkan

Mungkin Anda pernah berpikir kenapa timun suri sangat berlimpah di bulan Ramadhan dan sedikit demi sedikit hilang di bulan lain. Sebenarnya, timun suri sama dengan buah semangka, melon atau mentimun yang merupakan tanaman semusim, artinya bisa ditanam kapan saja atau tidak tergantung musim. Bahkan di daerah pesisir barat pulau Jawa, timun suri tetap dibudidayakan meski bukan bulan Ramadhan.

Agar dapat dipetik sesuai waktu yang diinginkan, para petani mulai menanam timun suri sejak dua bulan sebelum bulan puasa. Jika biasanya petani menanam sayuran, tetapi sekali dalam setahun jelang bulan puasa, petani sengaja menanam timun suri karena banyaknya permintaan. Timun suri yang masuk ke Jakarta berasal dari daerah-daerah sekelilingnya, seperti dari Pandeglang, Cirebon, Tambun Utara (Bekasi), atau Lebak (Banten).

BACA
Sirup Tjampolay aneka rasa

Populer di Jakarta sejak 1970-an, timun suri dahulu biasa dipadukan dengan sirup khas bernama sirup cap pisang ambon. Sirup ini akan menambah kekhasan rasa minuman timun suri tersebut. Namun lama kelamaan sirup cap pisang ambon semakin sulit ditemui di pasaran. Tak lama kemudian, muncullah sirup dengan merk baru, tjampolay, yang juga pernah menjadi favorit warga Jakarta. Seiring waktu, berbagai macam sirup yang ada di pasaran kini juga turut digunakan sebagai pemanis es timun suri ini.

Selain sirup bisa juga ditambahkan susu kental manis, menjadi es timun suri susu yang sedap. Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 1 buah timun suri matang, kemudian potong dadu.
  • Kolang-kaling secukupnya.
  • Cincau hitam, potong dadu.
  • Sari kelapa, atau bisa juga menggunakan air kelapa asli.
  •  
  • Kerokan kelapa muda.
  • 1 buah alpukat, jangan lupa dikerok.
  • Buah stroberi secukupnya.
  • Es serut secukupnya.
  • 2 sendok makan sirup cocopandan.
  • 4 sendok makan susu kental manis.

Cara pembuatan

  1. Pertama kali yang harus kamu siapkan adalah alat dan bahan, lalu campurkan semua bahan yang sudah disiapkan tersebut di mangkuk saji.
  2. Setelah itu, tuangkan sirup ke dalamnya, lalu aduk sampai rata.
  3.  
  4. Terakhir, tambahkan susu kental manis dan es serut. Aduk merata dan es timun suri susu kamu pun siap untuk dihidangkan.

Nah, selamat mencoba.

Tags minuman UMKM resep kuliner timun suri puasa buka puasa
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0