qoobah

Ngabuburit, Istilah Populer Di Bulan Ramadhan

DaerahKita 25/05/2019

Saat bulan suci Ramadhan tiba, kita kembali akan mendengar sebuah istilah yang sering diucapkan orang, yaitu “ngabuburit”. Mendengar kata tersebut, pikiran kita langsung menghubungkannya dengan waktu menjelang berbuka puasa. Saat di mana segala lapisan masyarakat, tua mau pun muda beraktivitas di luar rumah, menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka tiba.

Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit berarti ngalantung ngadagoan burit, yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Burit artinya sore hari, waktu ini biasanya antara jam 15.30-17.30 atau usai salat Ashar, sebelum matahari terbenam.

Sebetulnya, ngabuburit adalah tradisi orang Sunda berkumpul pada sore hari, baik itu saat puasa ataupun tidak. Namun di zaman sekarang, ngabuburit lebih populer dikaitkan dengan puasa Ramadhan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, kata ngabuburit diartikan sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Pada KBBI, kata ngabuburit diberi keterangan (sd) sebagai penanda bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda.

 

Umumnya, orang-orang melakukan Ngabuburit pada jam 3-5 di sore hari. Tidak ada definisi baku tentang kegiatan yang dilakukan selama ngabuburit. Sebagian orang ada yang berkeliling naik motor sambil mencari panganan yang menarik untuk berbuka puasa nanti. Ada yang memilih mencari masjid penyedia buka puasa gratis, ada juga yang sukanya mendatangi pasar-pasar kuliner di daerahnya. Kegiatan lain bisa dengan berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, berkumpul dengan kawan-kawan di taman, bersantai sambil membaca buku, dan jenis aktivitas lain. Di beberapa tempat, Ngabuburit juga digunakan untuk kegiatan pesantren kilat atau seminar mengenai agama.

Tags budaya wisata keluarga puasa buka puasa
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0