tripadvisor

Mantau Roti Tradisional Yang Lembut Khas Balikpapan

DaerahKita 31/07/2020

Kuliner yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang makin populer. Roti Mantau sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dulu keberadaannya kurang dikenal wisatawan. Kini mantau perlahan kian meroket namanya dan sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan. Mantau atau Roti Sepan ini sebenarnya adalah makanan khas Tionghoa yang telah beradaptasi dan mengalami proses akulturasi sehingga lambat laun menjadikannya kuliner tradisional masyarakat Balikpapan.

Mantau memiliki bentuk seperti Bakpao. Bedanya dengan roti pada umumnya, mantau tidak diisi daging, coklat atau apapun. Mantau hanya berupa roti biasa tanpa isi yang terbuat dari tepung terigu pilihan yang diolah sedemikian rupa sehinga menciptakan tekstur rasa yang lembut.

Olahan mantau biasanya dibuat dari tepung terigu, fermipan, gula, garam, air, susu, ragi dan mentega putih. Caranya hanya tinggal menuangkan semua bahan ke dalam suatu wadah, lalu diuleni menjadi adonan dan didiamkan. Biasanya mantau dikukus dalam dandang yang sudah dipanaskan di atas api besar selama 30 menit. Hal itu dilakukan supaya mantau terasa lembut dan bisa tahan beberapa hari.

Mantau dapat disajikan dengan cara dikukus saja atau bisa juga setelah itu digoreng. Mantau yang telah dikukus kemudian digoreng dalam minyak yang telah dipanaskan hingga berwarna keemasan di kedua sisi. Mantau goreng yang bagus tampilannya berwarna cokelat sawo matang, dengan permukaan kering mengkilap. Roti mantau sangat cocok dinikmati hangat-hangat.

Di Balikpapan, mantau biasanya dikonsumsi sebagai salah satu menu sarapan atau makan siang/sore. Kebanyakan mantau khas di kota ini awalnya dibuat dengan daging rusa. Namun, karena keberadaan rusa sudah semakin langka dan menjadi salah satu hewan yang dilindungi, daging mantau pun diganti dengan sapi atau ayam. Cara penyajian mantau seperti menyiapkan sebuah sandwich. Kita memasukkan lauknya sendiri ke dalam roti yang sudah kita potong. Mantau umumnya disajikan dengan lauk sapi lada hitam.

Salah satu tempat penjual kuliner ini yang terkenal adalah Pondok Mantau yang berada di tengah kota Balikpapan. Terdapat beberapa paket mantau yang ditawarkan seperti mantau kukus original, mantau goreng original, mantau goreng capit kepiting lada hitam, mantau goreng sapi lada hitam dan masih banyak lagi.

Selain itu mantau juga dijual di pusat oleh-oleh sepanjang perjalanan menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Uniknya Mantau ini sudah dipacking sedemikian rupa dalam kotak berisi 8 buah Mantau. Di dalamnya juga ada lauk pendampingnya, Kepiting Lada Hitam atau Sapi Lada Hitam yang sudah di packing sedemikian rupa. Jika Anda ingin menikmati Mantau Kukus tinggal di goreng, dan panaskan lauknya.

Baca Juga:

Tags kuliner makanan oleh2 buah tangan resep panganan hidangan sajian UMKM camilan tradisional
Referensi:
  1. ksmtour.com
  2. kaltim.tribunnews.com
  3. kaltim.idntimes.com






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0