borneonews

Lima Destinasi Wisata Menarik Yang Ada di Kalimantan Tengah

DaerahKita 28/07/2020

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan dengan ibukota Palangka Raya. Provinsi ini mempunyai banyak sekali obyek wisata. Pada artikel ini akan dibahas lima destinasi wisata yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi jika Anda berlibur ke Kalimantan Tengah. Lima tempat wisata menarik tersebut adalah Istana Kuning, Danau Tahai, Tugu Sukarno, Taman Nasional Tanjung Puting, dan Bukit Tangkiling.

1. Istana Kuning

Ketika mendengar nama Istana Kuning, mungkin Anda akan membayangkan sebuah bangunan megah berwarna kuning. Namun itu tidak sepenuhnya benar. Berbeda dengan Istana Maimun di Kota Medan, Sumatera Utara yang juga dikenal sebagai Istana Kuning karena arsitekturnya dominan berwarna kuning, Istana Kuning yang satu ini tidaklah berwarna kuning kecuali pada gerbangnya saja. Istana Kuning yang dimaksud adalah sebuah bangunan indah warisan Kerajaan Kutaringin.

Istana ini berada tepat di jantung Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Penamaan Istana Kuning sendiri bukan tanpa alasan. Ternyata, warna kuning adalah warna keramat bagi masyarakat Kotawaringin. Keberadaan Istana Kuning telah menjadi salah satu suguhan Tempat Wisata daerah yang istimewa untuk disambangi. Istana ini didirikan Pangeran ke-9 dari Kerajaan Kutaringin, yaitu Imanudin yang menjabat pada 1811-1841.

nativeindonesia
Danau Tahai

2. Danau Tahai

Obyek wisata Danau Tahai terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar 29 Km dari Pusat Kota Palangkaraya. Danau Tahai, adalah sebuah Tempat Wisata danau kecil yang terdapat di Kota Palangkaraya. Keistimewaan kawasan wisata Danau Tahai lainnya adalah disediakannya jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi areal hutan ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terendam air gambut.

Danau Tahai memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya (terutama di luar Pulau Kalimantan), yaitu airnya berwarna merah yang disebabkan oleh akar-akar pohon di lahan gambut. Di sekitar danau, Anda juga dapat menyaksikan pemandangan yang unik, yaitu banyak terdapat rumah-rumah terapung yang oleh penduduk setempat disebut sebagai rumah lanting.

tripadvisor
Tugu Soekarno

3. Tugu Soekarno

Setiap kota pasti punya landmark bersejarah yang jadi pusat wisata wilayah tertentu. Di Kalimantan Tengah ada Tugu Soekarno. Berkunjung ke sini wisatawan bisa betah berlama-lama, banyak spot foto untuk berpose cantik dan dipamerkan di sosial media. Bukan hanya cantik, tempat ini adalah tempat bersejarah di Kalimantan Tengah. Di sini tempat diletakkannya tiang sebagai batu pertama pembangunan kota Palangka Raya oleh Presiden RI yang pertama, bapak Soekarno, pada 17 Juli 1957.

Tugu ini memiliki 17 tiang pancang sesuai tanggal berdirinya, di bawahnya tertulis pahatan pembangunan pertama kota Palangka Raya. Buat para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Tengah, sangat direkomendasikan untuk datang ke tempat ini. Pengunjung bisa duduk-duduk di bawah pohon rindang yang ada taman saat siang hari. Bisa juga menikmati indahnya senja di tepi Sungai Kahayan sambil memandangi mentari terbenam. Hingga menghabiskan malam romantis dengan hiasan lampu warna warni di sepanjang jembatan Kahayan.

nativeindonesia
Taman Nasional Tanjung Puting

4. Taman Nasional Tanjung Puting

Jika ingin berpose bersama orang utan, wisatawan bisa datang ke Taman Nasional Tanjung Puting, yang ada di Semenanjung Kalimantan Tengah. Taman yang luasnya sama dengan pulau Bali ini merupakan pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia. Orangutan dari berbagai tempat yang akan dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya, dikumpulkan dulu di sini.

Walaupun demikian, tidak hanya orangutan yang ada di sini. Taman Nasional yang juga merupakan cagar biosfer ini juga memiliki berbagai macam satwa endemik seperti bekantan, lutung merah, beruang, kancil, 200 jenis burung, dan hewan liar lainnya yang menjadikan tempat ini sebagai rumah mereka. Uniknya, di Taman Nasional Tanjung Puting ini justru ramai oleh turis asing dari berbagai negara. Tidak heran, karena di sini banyak satwa endemik Indonesia, yang bisa mereka saksikan langsung.

vocationguide
Bukit Tangkiling

5. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling terletak di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Bagi sebagian wisatawan yang pernah atau kerap berkunjung ke Tempat Wisata ini, pemandangan dari atas Bukit Tangkiling memang lebih indah dinikmati sehabis hujan. Alam di sekitar bukit ini begitu mempesona. Bukit Tangkiling yang berjarak 34 kilometer dari pusat Kota Palangkaraya sudah ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata terpadu unggulan. Anda juga bisa melihat beberapa jenis satwa, melakukan wisata religi, dan menikmati kegiatan outbound.

Di tempat yang termasuk Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Tangkiling itu, tampaklah ikon Palangkaraya, yakni Jembatan Kahayan, berwarna jingga. Di sisi lain terlihat Bukit Baranahu, Kalalawit, Tabala, Tunggal, Bulan, Buhis, Lisin, dan Liau yang masih termasuk kawasan TWA Bukit Tangkiling. Tentunya, Tangkiling merupakan bukit paling populer di kawasan tersebut.

Demikianlah ke-enam destinasi wisata yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi bila bertandang ke Kalimantan Tengah, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags wisata alam borneo danau taman nasional istana bukit liburan
Referensi:
  1. ksmtour.com
  2. kaltengtoday.com






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0