IndonesiaKaya

Halua Kenari Makanan Manis Khas Ternate Maluku Utara

DaerahKita 23/02/2020

Biji kenari telah lama dikenal sebagai bahan untuk membuat makanan. Pohon kenari yang memiliki nama ilmiahnya Canarium indicum bukan merupakan tanaman khas suatu daerah tertentu. Pohon yang memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan diameter 100 cm ini tersebar di berbagai belahan dunia seperti di daerah tropis Afrika, Asia Tenggara, Australia, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, pohon kenari kebanyakan tumbuh di daerah timur Indonesia.

Salah satu daerah yang terdapat banyak tanaman kenari dibudidayakan adalah Ternate di Maluku Utara. Dengan hasil produksi buah kenari yang melimpah, masyarakat Ternate memanfaatkannya untuk membuat berbagai jenis makanan, misalnya saja Halua Kenari. Biji kenari, kacang kenari, atau beberapa orang menyebutnya walnut, yang digunakan untuk membuat Halua Kenari berasal dari biji buah kenari yang telah dipisahkan dari kulit dan cangkangnya.

genpi
Halua Kenari makanan tradisional Ternate

Halua kenari memiliki rasa yang manis dan gurih karena terbuat dari campuran kenari dan gula. Warnanya cokelat dan bentuknya tidak beraturan. Camilan halua kenari selain enak juga bergizi, karena di dalamnya kaya protein dan rendah lemak. Dengan kelebihan seperti itu, kuliner yang satu ini menjadi salah satu menjadi panganan yang populer di Ternate. Jika Anda berkunjung ke Ternate, halua kenari bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang direkomendasikan. Namun , bagi yang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan :

  • 500 gr kacang kenari (Sudah dipangang)
  • 225 gr gula merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Pertama campurkan air, gula merah, dan gula pasir pada panis kemudian lelehkan dengan api yang kecil, setelah mengental matikan api.
  2. Selanjutnya masukan kenari yang sudah dipangang dalam panci, aduk secara cepat. Setelah itu masukan garam sesuai dengan selera. Aduk kembali hingga merata.
  3. Tunggu hingga masakan agak hangat, setelah itu dibentuk bulat atau kotak sesuai keinginan dengan tangan agar kenari padat satu sama lain. Lalu setelah dibentuk dinginkan adonan dalam kulkas.
  4. Setelah membeku, untuk di kreasikan kamu bisa membungkusnya dengan kertas minyak atau langsung masukan dalam toples.

Tags makanan oleh-oleh kuliner UMKM tradisional resep panganan kue
Referensi:
  1. www.travelblog.id
  2. kurio.id
  3. www.gotravelly.com
  4. nandurwit.com






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0