kulinerkhaskalimantan10

Dodol Cempedak, Kuliner Lezat Dari Kalimantan Utara

DaerahKita 21/12/2019

Cempedak adalah sejenis buah yang bentuknya mirip nangka. Ukurannya lebih kecil dibandingkan nangka, begitu juga isi buahnya. Tapi rasanya tidak kalah manis dan memiliki cita rasa khas yang kuat. Begitu pula aromanya, sangat kuat wanginya. Buah ini bisa dimakan langsung, tapi bisa juga diolah terlebih dulu. Misalnya digoreng dengan balutan tepung terigu.


Di Provinsi Kalimantan Utara, buah cempedak ini diolah menjadi panganan dodol, yaitu makanan manis yang dbuat dengan bahan buah tertentu yang dicampur dengan tepung ketan atau semacamnya. Dalam bahasa setempat, dodol disebut lempok.

Steemit
Buah Cempedak

Dodol cempedak atau lempok cempedak merupakan makanan khas yang lezat dari provinsis yang beribukota Tanjung Selor ini. Rasanya yang manis seperti nangka dan aromanya yang kuat seperti durian membuat lempok cempedak menjadi makanan yang populer di provinsi termuda di Indonesia ini.


Sementara kulit cempedak dapat diolah menjadi makanan yang dinamakan mandai atau ada juga yang menyebutnya dengan nama dami. Biji cempedak pun bisa di olah menjadi biji cempedak goreng, rasanya tidak kalah unik dengan daging/buah cempedak yang telah di olah.

Tags buah kue kuliner oleh-oleh UMKM wisata
Referensi:
  1. www.ngetren.co.id
  2. Berbagai Sumber






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0