liputan6

Pabrik PT INKA Di Madiun Produksi 200 Unit Kereta Tipe MG Untuk Bangladesh Railway

DaerahKita 11/12/2019

Untuk meningkatkan pelayanannya, Bangladesh Railway (BR), perusahaan kereta api nasional Bangladesh beberapa kali memesan kereta penumpang buatan Indonesia. Salah satu pesanan Bangladesh Railway adalah pengadaan kereta penumpang tipe MG atau meter gauge. Tipe MG adalah jenis kereta yang digunakan pada rel berukuran lebar satu meter (1000 mm).

Bangladesh Railways menandatangani kontrak senilai 71 juta dolar Amerika dengan PT Inka di Dhaka pada 14 September 2017 untuk pengadaan 200 unit kereta tipe MG ini. PT Inka berkomitmen dengan kontrak tersebut, sebanyak 22 kereta tipe MG tersebut akan diberangkatkan pada Minggu (27 Oktober 2019) dari Dermaga Jamrud, Tanjung Perak Surabaya. Ini artinya, sampai akhir Oktober 2019, PT INKA telah mengirim 66 kereta dari total 200 kereta penumpang tipe MG yang dipesan Bangladesh.

republika
Kereta Tipe MG yang dipesan Bangladesh Railway

Kapasitas kereta tipe MG mempunyai 55 kursi untuk jenis WJCC (AC) dan 60 kursi jenis WEC (non AC). Kereta pesanan Bangladesh Railway tersebut memiliki warna dominan hijau, diproduksi di pabrik PT INKA yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur.


Didanai oleh Bank Pembangunan Asia dan pemerintah Bangladesh, pengadaan 200 gerbong penumpang tipe meter gauge (MG) dengan badan stainless steel, bogie kecepatan tinggi, sistem pendingin udara yang dipasang di atap, dan sistem rem udara otomatis, akan menciptakan dampak positif pada transportasi massal, pejabat Kereta Api Bangladesh berkata. Menurut Bangladesh Railway Sejumlah besar penumpang akan mendapatkan kesempatan perjalanan kereta api yang aman, cepat, dan nyaman yang menghasilkan peningkatan kegiatan komersial dan ekonomi.

kemlu_ri
Upacara pengoperasian kereta api buatan PT INKA pesanan Bangladesh Railway

Ekspor kereta penumpang ke Bangladesh ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya pada 24 April 2017 PT INKA juga memenangkan proyek pengadaan 50 unit kereta tipe BG atau board gauge, lalu 2016 PT INKA juga mengekspor 150 kereta senilai 72,39 juta dolar AS ke Bangladesh, serta 50 kereta di negara tujuan sama dengan nilai kontrak 13,8 juta dolar AS pada 2006.

Bangladesh bukan satu-satunya konsumen kereta api buatan Indonesia, negara-negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia juga pernah mempercayakan PT INKA untuk memasok kereta ke negara-negara tersebut.

Tags kereta api transportasi teknologi infrastruktur industri
Referensi:
  1. kumparan.com
  2. www.thedailystar.net
  3. bisnis.tempo.co






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0