Halaman utama daerahkita.com
Halaman utama daerahkita.com
hargatiket

Kereta Luxury KA Argo Anggrek Kereta Sleeper Seat Generasi Pertama Indonesia

DaerahKita 06/10/2019

Untuk memeberikan kesempatan masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya, pada tanggal 12 Juni 2018 PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, meluncurkan layanan kereta luxury pertama. Kereta ini merupakan kerata sleeper seat pertama di Indonesia. Kereta kelas luxury tersebut menempel pada rangkaian KA Argo Bromo Anggrek relasi Stasiun Gambir (GMR) - Stasiun Surabaya Pasarturi (SBI) pp. Tersedia satu gerbong luxury class di setiap rangkaian KA Argo Anggrek.

firstmareza
Kursi kereta luxury bisa direbahkankan hingga 170 derajat (flatbed)

Kereta sleeper seat menawarkan fasilitas kereta jarak jauh yang nyaman untuk penumpang. Kereta Api Argo Bromo Anggrek setiap perjalanannya menempuh jarak 725 km dalam waktu 9 jam. Pasarnya menyasar pekerja yang mencari fasilitas praktis saat hendak mengikuti acara di luar kota. Misalnya, daripada harus bermalam di hotel lebih mudah tidur di kereta dengan fasilitas nyaman.

Kehadiran kereta sleeper seat diawali dengan pemesanan 10 kereta sleeper kepada pabrikan kereta api nasional yaitu PT Industri Kereta Api (INKA). Pesanan PT KAI itu memiliki dua spesifikasi. Empat kereta pertama memiliki kapasitas 18 kursi dengan masing-masing sandaran kursi dapat dimiringkan sampai 170 derajat flatbed, dan menjadi kereta luxury seat generasi pertama. Sedangkan enam kereta berikutnya adalah untuk gerbong berkapasitas 27 penumpang yang per baris kursi memiliki susunan satu kursi dan dua kursi.

Enam kereta ini sandaran kursinya bisa ditarik ke belakang sampai 140 derajat, diluncurkan pada 2019, dan dikenal dengan nama kereta Luxury 2.

youtube
Tampak eksterior kereta Luxury pada rangkaian KA Argo Bromo Anggrek

Fasilitas yang tersedia di kereta kelas mewah atau luxury class generasi pertama menyerupai kelas bisnis di pesawat komersial. Penumpang kereta Sleeper dapat menikmati kursi yang bisa direbahkan 170 derajat (flatbed) secara elektronik, sandaran kaki elektronik, hiburan multimedia berupa televisi 12 inchi yang dilengkapi dengan headset, penumpang bisa menonton TV, Film, mendengarkan musik, hingga main game. Berikutnya fasilitas pengisian daya listrik USB charging, lampu baca, nampan makan yang dapat dilipat, serta bantal dan selimut.

Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti penyangga cangkir (cup holder), kaca, tempat sampah, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, gantungan pakaian (coat hanger), dan buzzer untuk memanggil kru kereta. Seluruh fasilitas tersebut disediakan untuk setiap penumpang di setiap kursi. Sepanjang perjalanan, penumpang akan mendapatkan suguhan makan sebanyak dua kali, serta kudapan secara gratis. Untuk menambah privasi, kursi dibatasi dengan sekat.

cnnindonesia
Setiap tempat duduk dilengkapi dengan loker dan meja makan kecil yang bisa dilipat (foldable)

Di kereta luxury ini terdapat loker penyimpanan untuk tiap penumpang Argo Bromo Anggrek Luxury, lengkap dengan usb charger didalamnya. Jadi kalau mau charging gadget dan ditinggal ke gerbong makan tak perlu takut hilang lagi. Karena kunci bisa disimpan dan dibawa. Jendela kaca yang lebar, namun ukurannya sama dengan kelas eksekutif yang lainnya. Terdapat sebuah toilet duduk berukuran 2×1 meter di bagian ujung gerbong Argo Bromo Anggrek Luxury. Biasanya toilet di Kereta Api Indonesia Itu berupa toilet jongkok, namun pada kelas sleeper ini berupa toilet duduk.

Harga Tiket Argo Anggrek Luxury Class Rp 1.250.000. Kereta Sleeper menawarkan dua jadwal keberangkatan dari Jakarta dan dua jadwal keberangkatan dari Surabaya. Berikut ini jadwal KA Argo Bromo Anggrek.

cnbcindonesia
Tersedia hiburan audio visual bagi tiap penumpang

Jadwal KA Argo Bromo Anggrek Pagi KA 1

STASIUN KEDATANGAN KEBERANGKATAN
SURABAYA PASARTURI 08.00
SEMARANG TAWANG 11.20 11.30
PEKALONGAN 12.37 12.40
CIREBON 14.17 14.23
JATINEGARA 16.45 16.47
GAMBIR 17.00

Jadwal Argo Anggrek Jakarta Surabaya KA 2

STASIUN KEDATANGAN KEBERANGKATAN
GAMBIR 09.30
CIREBON 12.09 12.15
PEKALONGAN 13.49 13.52
SEMARANG TAWANG 14.59 15.09
SURABAYA PASARTURI 18.30

Jadwal Kereta Api Argo Bromo Anggrek Malam Surabaya Jakarta KA 3

STASIUN KEDATANGAN KEBERANGKATAN
SURABAYA PASARTURI 20.00
SEMARANG TAWANG 23.20 23.30
CIREBON 02.11 02.17
JATINEGARA 04.42 04.44
GAMBIR 05.00

Jadwal KA Argo Bromo Anggrek Jakarta Surabaya KA 4

STASIUN KEDATANGAN KEBERANGKATAN
GAMBIR 21.30
CIREBON 00.14 00.20
SEMARANG TAWANG 03.00 03.09
SURABAYA PASARTURI 06.30

Tags kereta api transportasi wisata infrastruktur perhubungan rail fans jadwal keberangkatan travelling
Referensi:
  1. katadata.co.id
  2. ekonomi.kompas.com
  3. catperku.com
  4. id.wikipedia.org
  5. tiket.web.id

Artikel Terkait:




Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar