mandarnews

Golla Kambu Makanan Manis Khas Dari Polewali Mandar

DaerahKita 23/08/2019

Masyarakat Mandar memiliki sejenis camilan manis khas daerah setempat bernama Golla Kambu. Dari tampilannya, sekilas Golla Kambu tampak mirip panganan Wajik yang ada di Jawa, tapi sebenarnya berbeda. Golla Kambu memiliki cita rasa manis yang khas.

Golla Kambu terbuat dari beras ketan, parutan kelapa, kacang tanah yang sudah disangrai dan gula merah. Kandungan buah kelapa dan kacang tanah di kuliner satu ini menghasilkan cita rasa gurih, inilah yang membuatnya berbeda dari makanan lain.



Pembuatan Golla Kambu diawali dengan mengukus beras ketan selama 30 menit. Selanjutnya untuk menghasilkan rasa manis, gula merah dilarutkan secara terpisah dengan cara merebusnya dalam air mendidih. Kemudian ketan, larutan gula merah dan parutan kelapa dicampurkan dan diaduk rata hingga meresap. Setelah itu, kacang tanah yang sudah disangrai ditambahkan ke dalam adonan sehingga memberi cita rasa lezat yang khas pada Golla Kambu.

Setelah itu adonan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang yang sudah agak kering, menjadi bungkusan kecil-kecil. Makanan ini bisa tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Inilah keunikannya, Golla Kambu mampu bertahan hingga berbulan-bulan walaupun hanya menggunakan pembungkus dari daun pisang kering.

tokopedia
Golla Kambu dalam kemasan siap dijual

Permintaan konsumen terhadap Golla Kambu sangat tinggi ketika bulan ramadhan tiba karena makanan ini dijadikan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Makanan ini juga sering dijadikan oleh-oleh ketika wisatawan berkunjung ke Kabupaten Polewali Mandar atau yang sering disingkat Polman, Provinsi Sulawesi Barat.

Golla Kambu populer di kalangan wisatawan, selain karena merupakan makanan khas setempat, harganya pun cukup terjangkau, dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 /pack dengan isi 20 sampai 25 potong. Di sepanjang jalan majene dan Polewali Mandar kita akan menemukan banyak kios dan warung yang menyediakan makanan ini. Golla Kambu juga cukup mudah dicari di daerah Botto, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar.

Jadi jika Anda berkunjung ke Polewali Mandar, luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh Golla Kambu nan lezat ini. Namun bagi Anda yang belum berkesempatan datang ke sana, Anda bisa mencoba membuat sendiri panganan ini. Berikut ini resepnya.



Bahan Yang Dibutuhkan:
  • 150 gram beras ketan, diamkan 1 jam
  • 70 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 gram gula merah
  • 150 ml air
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dicincang kasar
  • 10 lembar daun pisang kering untuk membungkus
Cara Membuat:
  1. Kukus beras ketan 30 menit.
  2. Panaskan 70 ml air. Masukkan beras ketan dan garam. Aduk hingga meresap. Sisihkan.
  3. Rebus gula merah hingga larut. Saring.
  4. Masak lagi hingga mendidih. Masukkan beras ketan dan kelapa. Aduk rata hingga meresap. Tambahkan kacang. Aduk sebentar lalu angkat.
  5. Adonan dibungkus dengan daun pisang kering. Resep ini untuk sepuluh bungkus Golla Kambu.

Demikian, selamat mencoba.

Tags makanan kuliner kue oleh2 UMKM resep
Referensi: Sumber:
  1. resepnusantara.id
  2. Dari berbagai sumber






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0