medcom

Telaga Sarangan Magetan, Wisata Danau Nan Sejuk Di Lereng Gunung Lawu

DaerahKita 23/08/2019

Di dekat perbatasan antara provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah terdapat sebuah obyek wisata danau yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata itu bernama Telaga Sarangan. Lokasinya ada di bagian barat Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Keistimewaan telaga ini adalah posisinya berada di lereng gunung.

Telaga Sarangan yang juga dikenal dengan nama Telaga Pasir, adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Gunung Lawu sendiri puncaknya memiliki ketinggian 3.265 m. Karena letaknya di ketinggian, maka hawa udara sejuk akan terasa di tempat ini. Luas telaga ini adalah sekitar 30 hektar, dengan kedalaman mencapai 28 meter.



Wisatawan yang datang ke Telaga Sarangan akan disajikan pemandangan yang memanjakan mata. Wisatawan dapat melihat telaga yang luas dan pegunungan hijau Sidoramping di sekitar Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Ditambah lagi dengan air telaga yang tenang permukaannya bagaikan cermin yang memantulkan pemandangan pegunungan di sekelilingnya. Pemandangan yang indah dan membuat perasaan tenang dan damai, apalagi udaranya yang khas pegunungan dengan suhu sekitar 18-23 derajat Celcius, tempat wisata ini terasa sejuk dan nyaman. Bahkan tak jarang di selimuti kabut pada pagi dan sore harinya.

pesona-travel
Telaga Sarangan berada di kawasan pegunungan yang sejuk dan indah

Atraksi Wisata Telaga Sarangan

Tidak hanya menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa mencoba mengelilingi telaga dengan menyewa sepeda air yang menyerupai bebek (perahu bebek) atau jika ingin yang lebih menantang adrenalin bisa mencoba perahu speedboat. Walaupun demikian sudah bisa di pastikan aman karena pengemudinya sudah ahli dan juga di lengkapi fasilitas pengaman seperti pelampung. Pada saat mengelilingi danau menggunakan speedboat penumpang dapat meminta sang pengemudi untuk berhenti di tengah telaga untuk berfoto di depan tulisan Telaga Sarangan sebagai kenang-kenangan. Tarif yang dikenakan untuk menaiki speedboat dengan kapasitas 3-4 orang ini sekitar Rp 60.000 per satu putaran dan Rp 150.000 per tiga putaran.

Selain itu wisatawan juga bisa berkeliling dengan menggunakan kuda atau delman yang ditawarkan penduduk sekitar. Untuk tarif biaya dikenakan sekitar Rp 50.000 per putaran. Walaupun banyak kuda di sini tapi tidak lantas membuat jalan di sekitar telaga jadi tercemar oleh kotoran kuda. Karena setiap kuda sudah diberi penampung kotoran masing-masing.

Bagi pengunjung yang ingin berolahraga, mereka dapat mengelilingi telaga ini dengan berjalan kaki atau dengan berlari. Yang menarik adalah saat berkeliling, para pengunjung akan menjumpai hutan pinus di lereng pegunungan di sekeliling Telaga Sarangan. Suasana yang sejuk dan indah pasti akan membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan.

hellomagetan
Perahu speedboat bisa disewa oleh wisatawan untuk berkeliling danau

Tidak jauh dari Telaga Sarangan, tedapat tiga buah air terjun yang dapat dikunjungi para pengunjung. Ketiga air terjun itu adalah air terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Di dekat pintu masuk salah satu air terjun ini, ada bekas pesawat yang dijadikan monumen mengingat di Kabupaten Magetan terletak Pangkalan Udara TNI AU, yaitu Lanud Iswahyudi.



Jalan menuju air terjun tidak sulit, bahkan setengah perjalanan bisa dilakukan dengan mobil. Perjalanan menuju air terjun akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Wisatawan akan melewati lereng gunung yang digunakan untuk perkebunan. Mereka dapat melihat berbagai tanaman sayuran yang mungkin jarang ditemui di kota. Para pelancong juga dapat mencelupkan kakinya ke dalam air bening yang dingin dan segar yang digunakan untuk pengairan perkebunan. Hal ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang menarik untuk anak-anak.

Penginapan

Akomodasi tersedia cukup banyak di sekitar kawasan wisata Telaga Sarangan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Tentu saja, tarif yang ditawarkan berbeda tergantung dengan jenis model penginapan apa yang dipilih. Mulai dari harga Rp 150.000 hingga Rp 700.000 para pelancong sudah bisa menginap di sini. Lokasi penginapan pun bisa dipilih berdasarkan permintaan pada pihak penginapan, bisa di tepi telaga atau berada di dekat rumah penduduk sekitar.

wisata-tanahair
Salah satu sudut Telaga Sarangan

Kuliner dan Oleh-oleh

Telaga Sarangan bukan hanya menawarkan pemandangan alam, kesejukan udara, ketenangan suasana, dan keseruan saat memacu adrenalin. Tapi, di sini pelancong juga bisa berwisata kuliner dengan harga terjangkau. Para pelancong dapat menikmati sate kelinci dan lontong yang banyak terdapat disekeliling telaga sarangan. Kuliner lain yang ditawarkan adalah nasi pecel khas Telaga Sarangan, nasi rawon , jagung bakar, dan sebagainya.



Setelah puas berwisata tidak ada salahnya untuk membeli cenderamata khas setempat untuk dibawa pulang. Di Telaga Sarangan, ada ragam buah tangan yang bisa kamu bagikan kepada keluarga atau rekan kerja. Mulai dari kerajinan tangan dari anyaman bambu, aksesoris, makanan ringan khas Jawa Timur, dan tanaman sayur hijau segar yang bisa dikondumsi atau ditanam di pekarangan rumah.

Tiket Masuk

Dengan berbagai atraksi wisatanya itu, Telaga Sarangan tetap mangenakan harga tiket yang terjangkau agar dapat menarik wisatawan sebanyak mungkin. Tiket Telaga Sarangan untuk orang dewasa sekitar Rp 19.000 dan untuk anak-anak berkisar Rp 14.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi dari pihak Jasa Raharja. Sedangkan, untuk tarif parkir dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Rute Lokasi

Untuk bisa mencapai kawasan wisata Telaga Sarangan, wisatawan bisa menempuh perjalanan dari Kota Magetan, Jawa Timur. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 kilometer. Dan karena letaknya di lereng gunung, jadi jalan yang harus ditempuh pun berkelok-kelok dan naik-turun khas jalanan pegunungan. Meski begitu seluruh jalannya mulus dan sudah diaspal. Pemandangannya pun indah.

Jalan menuju Telaga Sarangan lainnya dengan menggunakan tranportasi umum, seperti kereta api. Turun di stasiun Solo Balapan, kamu bisa melanjutkan menaiki bis jurusan Palur. Sesampainya di Palur, kamu menaiki bis jurusan Tawangmangu. Dan dilanjutkan dengan menggunakan bis mini menuju Telaga Sarangan. Semoga tulisan ini cukup informatif dan bisa membantu pembaca yang sedang mempertimbangkan pergi berwisata ke Telaga Sarangan.

Tags wisata alam danau liburan geografi
Referensi:
  1. piknikasik.com
  2. kumpulan.info
  3. travel.detik.com
  4. www.idntimes.com
  5. putratravel.net


Video tentang Telaga Sarangan Magetan, Wisata Danau Nan Sejuk Di Lereng Gunung Lawu






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0