cahpeni

Sagu Tumbu Panganan Manis Khas Ambon Maluku

DaerahKita 29/07/2019

Salah satu makanan tradisional Ambon yang unik karena bahan dasarnya berasal dari tanaman khas Maluku yaitu sagu dan kenari, adalah kue Sagu Tumbu. Makanan ini dikenal juga oleh masyarakat setempat dengan nama Paumauido. Sagu Tumbu memiliki citarasa yang istimewa. Bahan dasarnya bersumber dari perpaduan antara tepung sagu kering, gula merah dan biji kenari. Bahan ini diolah secara tradisional dengan cara ditumbuk di dalam lumpang.



Sagu kering yang digunakan berupa sagu lempeng atau sagu batangan. Sagu lempeng adalah salah satu jenis makanan yang proses pemasakannya dengan cara dibakar di dalam cetakan yang terbuat dari batu atau tanah liat yang disebut dengan forna. Sehingga menghasilkan lempengan sagu berwarna kecokelatan. Sementara biji kenari yang baik, yang sudah dikeringkan selama seminggu atau lebih, karena telah banyak mengandung minyak kenari. Biji kenari yang telah kering direndam dalam air hangat, agar mudah saat melepaskan kulit arinya. Setelah itu biji kenari disangrai agar minyak kenarinya mudah keluar.

kaliskukis
Sagu Tumbu dibungkus dengan kertas minyak merah

Sagu tumbu, sesuai dengan namanya makanan ini dibuat dengan cara ditumbuk dengan lumpang. Awalnya, sagu lempeng yang sudah kering ditumbuk selama beberapa lama sehingga halus menjadi tepung sagu, kemudian biji kenari dimasukkan sambil sambil terus ditumbuk bersama dengan gula merah atau gule aren. Biji kenari banyak mengandung minyak sehingga ketika ditumbuk, minyak akan keluar dan membuat campuran bahan dalam lumpang membentuk adonan yang kalis tapi tidak lengket. Adonan itu jadi mirip dodol atau jenang di Jawa.



Setelah siap, adonan Sagu Tumbu akan terlihat berwarna coklat manggis tercium aroma manis yang harum. Karena diolah dengan biji Kenari, balutan minyak akan terasa jika anda mencicipinya. Adonan lalu diangkat ke dalam baskom. Untuk membungkusnya, adonan sagu diambil sedikit dan letakkan di atas tangan, gulung-gulung adonan hingga berbentuk lonjong dan tidak terlalu panjang. Kemudian adonan dibungkus dengan kertas yang biasa disebut kertas minyak, biasanya kertas minyak berwarna merah, atau bisa juga dibungkus dengan plastik. Sagu Tumbu yang akan dijual, kemudian dikemas dalam kemasan plastik.

Begitulah sagu tumbu, salah satu makanan khas Ambon yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi jajanan enak dan bergizi. Rasanya campuran rasa sagu, kenari dan manis gula merah. Sagunya terasa lembut dengan butiran halus, harum kenari serta manis khas gula aren. Sedap untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Sagu Tumbu dijual dengan harga terjangkau dan dikemas dalam dua ukuran yang mudah dibawa pulang ke rumah. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang jika Anda berkunjung ke Maluku.

Tags makanan kuliner kue oleh2 wisata UMKM resep
Referensi: Dari berbagai sumber

Video tentang Sagu Tumbu Panganan Manis Khas Ambon Maluku






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0