pedomanbengkulu

Wisata Danau Limboto Gorontalo

DaerahKita 29/07/2019

Gorontalo merupakan provinsi yang terhitung berusia muda. Provinsi Gorontalo adalah provinsi pemekaran dari Sulawesi Utara, sebelumnya Gorontalo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara, setelah melalui perjuangan panjang maka terbitlah UU No. 38 Tahun 2000 tanggal 22 Desember 2000, maka Gorontalo secara resmi menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Terletak di utara Pulau Sulawesi, Provinsi Gorontalo berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara di sebelah Timurnya, sedangkan di sebelah Baratnya berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Gorontalo juga berjuluk sebagai "Kota Serambi Madinah" karena banyaknya masjid di daerah ini. Selain pesona masjidnya, Gorontalo pun memiliki daya tarik lain, yaitu wisata alamnya yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah wisata Danau Limboto. Danau seluas 3.000 hektar yang terletak di Kecamatan Limboto ini merupakan danau terbesar di Gorontalo.

Danau Limboto memiliki beberapa keunikan, yakni terhubung dengan laut, merupakan kawasan habitat ikan dan burung migran, terdapat panas bumi (geotermal), dan menjadi muara bagi 23 sungai. Pinggiran danau yang berlumpur, termasuk di sawah adalah hasil substrat yang kaya unsur hara. Di kawasan ini burung-burung migran dan penetap menjadikan lahan mencari pakan.

pesona.travel
Pemandangan Danau Limboto dari atas Benteng Otanaha

Dengan kekayaan hayati berupa ikan air tawar, memancing sambil berkeliling danau dengan berperahu merupakan kegiatan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan yang datang ke Danau Limboto. Kekayaan danau berupa ikan air tawar seperti ikan nila, ikan gabus, dan ikan mujair  mempengaruhi kuliner yang ditawarkan pengusaha warung makan di daerah ini. Di sekitar danau, para wisatawan dapat menjumpai menu ikan air tawar yang dibakar atau digoreng sesuai selera yang sudah tentu sayang jika dilewatkan. Apalagi gurihnya ikan dilengkapi dengan nikmatnya sambal khas Gorontalo, dabu-dabu.

Untuk menikmati pemandangan danau, saat pagi hari ataupun menjelang senja merupakan waktu paling baik untuk mengunjungi Danau Limboto ini. Saat Matahari terbit atau tenggelam, pemandangan danau kian semarak oleh kilau cahaya Matahari yang jatuh di permukaan air danau dan nuansa langit yang berubah warna. Jika wisatawan mengunjungi obyek wisata ini pada sore hari, selain mendapatkan keindahan matahari tenggelam, juga dapat menyaksikan sekelompok burung liar yang terbang melintasi danau.

gorontaloholiday
Air panas bersumebr dari Pentadio mengalir menuju Danau Limboto

Terdapat persewaan perahu yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan dari dekat Danau Limboto. Jika Anda ingin mengelilingi danau di Kampung Kayudurian, Anda bisa menggunakan perahu ini juga, tetapi dengan harga sewa yang berbeda, tergantung harga penawaran Anda.

Benteng Otanaha

Di sekitar Danau Limboto terdapat obyek-obyek wisata lain yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Benteng Otanaha. Benteng tersebut berada di atas bukit Desa Dembe, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng Otanaha merupakan satu-satunya benteng di tanah air yang dibangun di tepi danau. Lokasi ini menyajikan wisata sejarah sekaligus wisata pemandangan alam.



Pemandangan yang ditawarkan dari benteng ini sangat mempesona. Karena letaknya di puncak bukit dan bersebelahan langsung dengan Danau Limboto jadi bisa lihat pemandangan indah dari ketinggian. Untuk sampai ke lokasi benteng, pengunjung harus mendaki 351 anak tangga. Yang uniknya lagi, konon Batu-batu yang menjadi bahan utama untuk membangun benteng ini direkatkan dengan putih telur burung Maleo yang merupakan burung endemik Sulawesi.

semarak.news
Panorama Danau Limboto di kala matahari tenggelam

Wisata Air Panas Pentadio Resort

Di sisi barat danau, terdapat sumber air panas yang memiliki suhu konstan 75 derajat sepanjang tahun. Lokasi mata air panas ini dijadikan kawasan wisata alam bernama Pentadio Resort. Wisatawan yang datang ke Danau Limboto juga bisa sekalian datang ke pemandian air panas ini. Pentadio Resort merupakan salah satu obyek wisata andalan Provinsi Gorontalo. Pentadio sendiri berasal dari bahasa Gorontalo, artinya Pantai-Danau. Diberi nama Pentadio lantaran resort ini ada di tepi Danau Limboto. Resort ini terdapat di Desa Pentadio, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Pemandian Pentadio memberikan kesempatan pada para pengunjung untuk merasakan siraman air panas langsung dari mata air yang bisa menghangatkan tubuh anda, dan belerangnya juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.



Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Presiden Sukarno

Bentuknya berupa rumah sederhana bercat putih yang berada di tepian Danau Limboto, di Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Bangunan itu menyimpan sejarah bagi masyarakat di Gorontalo. Sebab, Bung Karno sebanyak dua kali mendatangi daerah itu dengan pesawat amfibi, yang mendarat di Danau Limboto. Maka warga menjadikan bangunan itu sebagai Museum Pendaratan Soekarno. Sang Proklamator itu mengunjungi Gorontalo tahun 1950 dan 1956, dengan menggunakan pesawat amfibi Catalina yang mendarat di Danau Limboto tepatnya di dermaga Desa Iluta.

Festival Pesona Danau Limboto

Setiap tahun, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo mengadakan kegiatan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) yang diadakan pada bulan September dengan mengambil lokasi di Pesisir Danau Limboto. Festival ini biasanya diisi dengan serangkaian acara yang menarik seperti pawai budaya, diskusi tentang kegiatan kepariwisataan dan keilmuan, pertunjukan busana dan permainan tradisional, pesta kuliner, pemilihan Nou dan Uti, Alanggaya atau layang-layang tradisional, lomba perahu tradisional Danau Limboto, Gorontalo Gemilang Expo, burung berkicau, Adventure Motor Trail, fotografi, balap merpati, dan lain-lain. Festival ini juga menawarkan kuliner khas daerah seperti Ayam Iloni, Es Brenebon, Ilabulo, Bilenthango, Sayur Putungo, dan Binte Biluhuta.

Transportasi dan Akomodasi

Karena danau ini dekat dengan Kota Gorontalo dan juga dekat dengan Bandara Jalaluddin, membuat obyek wisata di Sulawesi ini mudah dicapai. Hanya berjarak sekitar 16 km dari bandara, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi atau menggunakan jasa persewaan mobil yang sudah menunggu di sekitaran bandara. Dengan posisinya yang cukup dekat dengan pusat kota Gorontalo, Anda bisa mendapatkan penginapan yang banyak tersedia di Gorontalo. Banyak penginapan yang bisa anda sesuaikan dengan budget perjalanan yang anda miliki.

Tags wisata alam danau liburan geografi
Referensi: Dari berbagai sumber

Video tentang Wisata Danau Limboto Gorontalo






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0