pegipegi

Destinasi Wisata 8 Danau Eksotis di Jambi

DaerahKita 25/06/2019

Terdapat danau-danau mempesona di wilayah Provinsi Jambi, yang merupakan destinasi wisata yang berpotensi menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Mungkin Anda pun bisa menjadi salah satunya setelah membaca artikel ini. Berikut ini beberapa danau di Jambi yang cukup populer.

pesona.travel
Danau Kerinci

1. Danau Kerinci

Danau Kerinci berada di Selatan Kota Sungai Penuh, ibukota Kabupaten Kerinci. Danau ini berada di dua wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci, merupakan danau vulkanik dengan kedalaman 110 meter. Danau ini juga merupakan Danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci luasnya 4.370 hektar. Terletak di kaki Gunung Raja di ketinggian 780 meter di atas permukaan laut.

Jarak Danau Kerinci dari Kota Jambi lebih kurang 420 km dan dari Kota Sungai Penuh lebih kurang 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Banyak yang ditawarkan wisata Danau Kerinci, di antaranya suguhan sekumpulan burung belibis yang berkeliaran. Pemandangannya semakin menakjubkan dengan latar belakang Gunung Raja yang menjulang menambah indahnya kilauan air jernih danau.



Kawasan sekeliling danau juga menjadi tempat rekreasi air menarik seperti berenang, berkemah, dan memancing ikan. Ada satu jenis ikan yang merupakan ikan endemic di Danau ini yaitu ikan Semah. Tak ketinggalan juga wisata kuliner khas Kabupaten Kerinci yang disediakan oleh restoran yang ada di sekitar danau, di antaranya Beras Payo, Gulai ikan semah, dendeng Beteko, Kacang Tojin, Jeruk Pelompek, ditemani dengan minuman khas kerinci yaitu Kopi Kerinci dan teh Kayu Aro.

jambilink
Danau Depati Empat

2. Danau Depati Empat

Tidak hanya Semeru yang punya danau di ketinggian, Jambi juga punya, yakni Danau Depati Empat. Danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)ini berada di ketinggian 1.200 mdpl sehingg airnya pun segar dan dingn serta menawarkan ketenangan. Tempat Wisata Danau Depati Empat secara Administratif berada di wilayah Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. TNKS masuk dalam daftar situ warisan dunia UNESCO.

Danau Depati Empat membentang seluas 271 hektare di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Letaknya di sebelah barat daya Kota Bangko, pusat ibu kota Kabupaten Merangin. Berada dalam kawasan konservasi, membuat Danau Depati Empat selalu terpelihara alami. Danau Depati Empat tentunya sudah tidak diragukan lagi keasriannya, dengan kawasan perbukitan dan pemandangan panorama yang asri, membuat Danau Depati Empat semakin indah dipandang. Danau ini oleh warga setempat disebut Danau Gedang. Untuk menuju desa yang masuk dalam Marga Serampas ini, bisa dicapai menggunakan kendaraan roda empat.



Nama Depati Empat berasal dari empat kepala desa zaman dahulu, yaitu Depati Muncak (Desa Muara Madras), Depati Gento Rajo (Desa Pulau Tengah), Depati Siang Dito (Desa Rantau Suli), Dito Payung ( Marga Serampas).

superadventure
Danau Kumbang

3. Danau Kumbang

Gunung Masurai (ketinggian 2.953 mdpl) memiliki danau yang sangat indah bernama Danau Kumbang di ketinggian 2.560 mdpl. Inilah danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habema yang terletak di Papua. Danau ini berada di Kabupaten Merangin, Jambi. Karena lokasinya berada di salah satu puncak Gunung Masurai, untuk mencapainya merupakan tantangan tersendiri. Jalur pendakian dari Desa Sungai Lalang, Lembah Masurai dengan menyusuri jalan pedesaan serta melewati perkebunan dan ladang warga.



Sekitar dua jam jalan baru sampai pintu rimba, Anda harus melanjutkan sekitar enam jam lagi untuk sampai Danau Kumbang. Ya, untuk menikmati eksotisnya Danau Kumbang, harus rela delapan jam jalan kaki mendaki Gunung Masurai. Jalur yang ditempuh juga cukup terjal, banyak tanjakan tinggi yang akan menguras tenaga.

Dari Puncak-1 terlihat Danau Kumbang di kejauhan di bawah sana. Tampaklah sebuah danau yang begitu tenang berwarna jernih dikelilingi hutan tropis lebat, Taman Nasional Kerinci Seblat. Pelangi di atasnya akan menyempurnakan keindahan. Saat cuaca cerah, maka danau akan terlihat jelas, tetapi ada kalanya danau tak terlihat karena tertutup kabut tebal. Anda butuh waktu 30 menit menuruni puncak 1 hingga sampai di tepi danau.

Setibanya di tepi danau, terasa suasana tenang, sejuk, rasanya benar-benar damai. Jika beruntung, di sana Anda akan melihat hamparan bungan edelweis yang bermekaran, bukan putih tetapi merah jambu. Anda juga bisa mendirikan tenda bila ingin menikmati suasana malam yang tenang. Dan ketika pagi menjemput, bersiaplah menikmati sejuknya udara pagi di tepi danau.

tnkerinciseblat
Danau Kaco dengan air kebiruan

4. Danau Kaco

Danau Kaco merupakan sebuah telaga atau danau yang terdapat di dalam hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kaco sendiri dalam bahasa daerah setempat berarti kaca. Ini menggambarkan bagaimana keindahan danau tersebut dengan air yang sangat bening bagaikan kaca. Keindahan Danau Kaco seakan terselubung dan tersembunyi di balik lebatnya hutan. Danau Kaco memiliki air yang begitu jernih dengan bias warna biru yang terlihat dari atas. Warna indah tersebut sangat kontras dengan keadaan sekitar yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau alami. Suasananya begitu sureal.

Beningnya air danau akan membuat anda dapat dengan leluasa melihat ikan yang berenang di dalam air dengan bebasnya. Jumlahnya sangat banyak dan terlihat dengan sangat jelas. Meskipun demikian, Danau yang memiliki luas sekitar 30 x 30 meter ini hingga kini kedalamannya masih belum dapat diketahui. Penelitian yang sempat dilakukan dihentikan karena tabung oksigen penyelam habis sebelum mencapai dasar danau. Selain itu, Danau Kaco juga mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada saat bulan purnama. Jika berkemah di Danau Kaco, apalagi saat bulan purnama, maka pengunjung tidak membutuhkan penerangan karena air danau mengeluarkan cahaya yang cukup terang.



Untuk mengunjungi danau ini, Anda bisa berangkat dari Kota Sungai Penuh, ibukota Kabupaten Kerinci, menuju Desa Lempur, Kecamatan gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Kemudian dilanjutkan kembali dengan berjalan kaki menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam menembus hutan. Kerana itu bila ingin melihat keindahan Danau Kaco sebaiknya menggunakan penunjuk jalan atau guide setempat.

wego
Danau Gunung Tujuh danau tertinggi di Asia Tenggara

5. Danau Gunung Tujuh

Danau ini terletak di Gunung Tujuh dan terjadi karena letusan gunung tersebut pada ratusan tahun yang lalu. Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera tertinggi se-Asia Tenggara, dengan ketinggian 1.950 mdpl. Danau ini merupakan sumber mata air dari Sungai Batang Sangir serta Air Terjun Telun Berasap.

Di beberapa bagian pinggir danau anda akan menemukan pasir putih yang menambah eksotisme danau. Bagi anda yang bermalam dan menginap di sekitar danau anda akan disuguhi oleh keindahan matahari terbit yang sangat mempesona. Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di sekitar lokasi danau adalah dengan mengunjungi beberapa lokasi indah lainnya, seperti air terjun dan menjumpai beberapa satwa yang berada di sana. Tak berhenti di situ kegiatan memancing dan menyusuri danau dengan menggunakan perahu nelayan bia menjadi kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Danau Gunung Tujuh. Dilanjutkan dengan kegiatan makan serta bercengkrama dari hasil memancing.

Untuk mencapai danau ini Anda bisa berangkat dari Kota Sungai Penuh, ibukota Kabupaten Kerinci. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pelompek yang berada di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dengan jarak kurang lebih 50 Km yang membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 Jam. Setelah sampai di Desa Kersik Tuo, Anda dapat beristirahat sejenak di rumah-rumah penduduk yang memang sengaja dibuat untuk homestay atau menitipkan kendaraan Anda. Karena, untuk mencapai Danau Gunung Tujuh, Anda harus berjalan kaki dengan waktu tempuh 2-3 jam.

brandanews
Danau Sipin terletak di tengah Kota Jambi

6. Danau Sipin

Danau Sipin adalah sebuah danau yang terletak di tengah-tengah Kota Jambi. Danau Sipin atau yang biasa disebut oleh masyarakat Jambi dengan nama “solok sipin”, solok berarti danau, memiliki pemandangan yang sangat eksotis, semilir angin sejuk yang berhembus mampu menghanyutkan para pengunjung, banyak yang datang ke Danau Sipin ini karena suasananya sejuk dan nyaman.



Di tengah danau alami ini ada beberapa keramba ikan yang memang sengaja di buat oleh para nelayan ikan, dan juga terdapat rumah panggung tempat peristirahatan para nelayan tersebut. Bermacam-macam ikan yang dibudidayakan seperti mujahir, nila, mas dan lain lain. Danau yang terletak di Kecamatan Telanaipura dan Kecamatan Legok ini memiliki panjang 4.500 meter dan lebar rata-rata sekitar 300 meter lebih dengan kedalaman 2-6 meter.

Danau ini sangat ramai di kunjung jika menjelang sore hari telah datang, banyak masyarakat kota jambi yang ramai-ramai berkunjung untuk menikmati semilir angin sore. Mereka menunggu pemandangan panorama matahari terbenam “sunset”. Tempat ini sangat ramai dipadati pengunjung saat jam telah menujukkan pukul 16:30 WIB, jalan di sekitaran Danau Sipin akan sangat ramai hingga kadang macet. Di danau ini banyak kegiatan wisata keluarga yang bisa dilakukan, seperti bermain perahu, pacuan perahu serta ada juga perahu yang bisa disewa untuk berkeliling danau. Cukup membayar Rp 5.000 per orang, Anda sudah bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang maksimal berisi 3-4 orang tersebut. Selain bermain perahu, di tengah danau juga tersedia jalan beton khusus pejalan kaki di sepanjang pinggir danau serta sangat bagus untuk berfoto.

Berwisata ke Danau Sipin ini gratis saat masuk. Namun, wisatawan perlu merogoh kocek sekitar Rp2.000 untuk parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Di tempat wisata Danau Sipin juga tersedia taman dan juga makanan khas Jambi bagi wisatawan yang ingin makan di sekitar danau.

kembangwisata
Danau Pauh

7. Danau Pauh

Danau Pauh merupakan sebuah danau vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas dari gunung berapi jutaan tahun lalu. Danau ini memiliki luas mencapai 30 hektar, serta kedalaman hingga 20 meter. Berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter dari atas permukaan laut, membuat udara disekitar danau cukup dingin khas daerah dataran tinggi. Karena dinginnya udara, disarankan bagi wisatawan yang datang berkunjung untuk membawa jaket, atau pakaian hangat.

Kawasan danau ini berada masih merupakan bagian dari Hutan Konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Adanya flora dan fauna ini juga semakin menambah kesan natural serta mempercantik panorama danau. Jika ingin sensasi berbeda, wisatawan juga bisa menaiki rakit dari bambu, serta menuju ke tengah danau. Bahkan kini juga terdapat boat-boat yang akan mengantarkan wisatawan berkeliling danau.



Saat berada ditengah danau, akan terpampang dengan megahnya Gunung Masurai dari kejauhan. Usai puas menelusuri danau, wisatawan juga bisa berkunjung ke perkebunan yang letaknya tak jauh dari danau. Kebun-kebun itu ditanami kopi, kentang, cabai, sayuran, kayu manis dan lain-lain, bahkan ada juga area persawahan yang luas.

Danau Pauh terletak pada Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Untuk melihat keindahan danau, wisatawan setidaknya harus melakukan perjalanan selama 3 jam dari Ibukota Kabupaten Merangin, Bangko. Namun jika datang dari Kota Jambi, perjalanan pun akan semakin memakan waktu yaitu sekitar 8 jam lebih. Kendaran bisa mencapai ke tempat ini, sehingga disediakan juga tempat parkir.

wisatakita
Danau Lingkat

8. Danau Lingkat

Keindahan danau ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu diburu traveler. Melintasi lereng-lereng bukit yang dipenuhi pepohonan, hingga berjalan atau trekking dari Desa Lempur menjadi petualangan yang tak terlupakan bagi yang mengunjunginya. Berada pada dataran tinggi yang mencapai 1.100 meter diatas permukaan laut, membuat hawa disekitar danau terasa sangat sejuk.

Danau Lingkat memiliki air berwarna hijau pekat. Danau seluas 12 hektar ini sungguh sangat mempesona. Warna hijau air terlihat sangat serasi dengan pepohonan yang berada disekeliling danau. Panorama pun terasa semakin sempurna dengan deretan pegunungan dan perbukitan. Pengunjung dihibur suara-suara merdu kicauan burung yang menenangkan jiwa.

Danau Lingkat terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi. Di akhir pekan maupun hari libur, banyak sekali wisatawan lokal yang berkunjung ke Danau Lingkat. Untuk menuju ke Danau Lingkat, traveler harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan, baik motor maupum mobil dari Sesa Lempur. Perjalanan dari Desa Lumpur hanya membutuhkan waktu sekitar seperempat jam. Namun, jika melakukan perjalanan dari Kota Sungai Penuh bisa menempuh satu jam perjalanan.

Tags wisata alam danau liburan geografi
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0