melayupedia

Bolu Kemojo Kue Manis Khas Melayu Riau

DaerahKita 23/06/2019

Panganan yang satu ini namanya Bolu Kemojo. Kue yang juga kerap disebut dengan bolu kojo ini berasal dari kata kemboja atau bunga kamboja. Disebut demikian karena loyang yang digunakan untuk membuat bolu ini memiliki bentuk seperti bunga kamboja. Kuliner ini merupakan salah satu makanan khas dari daerah Provinsi Riau. Karena kekhasan rasanya, bolu kemojo ini jadi panganan yang populer di Riau. Namun kuliner yang satu ini juga sering ditemui di Palembang (Sumatera Selatan), Jambi dan Bengkulu.



Kue ini hampir tak pernah absen saat perayaan acara adat di daerah seperti saat kenduri, pesta pernikahan, maupun lebaran. Teksturmya padat dan cenderung seperti kue basah, bukan seperti bolu yang lembut layaknya cake. Rasanya dominan manis dengan sedikit aroma dan rasa telur saat menyantapnya. Selain rasa asli alias original, kini bolu kamojo juga dibuat dengan berbagai rasa, seperti rasa durian, cokelat, buah naga, jagung, dan lain-lain.

Warna hijau pada bolu kemojo berasal dari campuran air daun suji dan daun pandan. Jadi pewarna alaminya bukan hanya menghasilkan warna hijau saja tetapi juga memberikan aroma yang khas daun suji dan daun pandan. Masyarakat Riau sering membuat bolu kemojo secara bersama-sama karena saat perta adat atau upacara adat biasanya disajikan bolu kemojo dalam jumlah yang banyak. Dari ini bisa terlihat aktifitas gotong-royong yang merupakan warisan nenek moyang.

Bahan untuk membuat Bolu Kemojo ini cukup mudah ditemukan. Hanya diperlukan bahan seperti tepung, gula, telur, daun pandan, dan santan. Semua bahan tersebut diadon menjadi satu. kemudian dimasukkan dalam cetakan, lalu dipanggang. Untuk yang pertama membakarnya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Karena alat pembakarnya masih belum panas. Kemudian untuk selanjutnya hanya membutuhkan waktu setengah jam.

Yang perlu diperhatikan adalah apinya. Api harus seimbang atas dan bawah, volume apinya sedang supaya masaknya merata. Kalau apinya dibuat besar, di luar sudah hangus di dalamnya belum sempurna masaknya. Pertama masuk jika di bagian bawah. 15 menit kemudian pindah ke sebelah atas atau sebaliknya. supaya merata masaknya. Selain itu, tehnik lainnya yang harus dilakukan adalah cetakannya sebelum diiisi adonan Bolu Kemojo perlu dipanaskan terlebih dahulu sekitar 15 menit supaya tidak lengket. Kemudian diolesi mentega dan dipanaskan beberapa waktu baru dituangkan adonan Bolu Kemojo tersebut.

makananoleholeh
Kue bolu kemojo merupakan oleh-oleh khas dari Riau

Bolu Kemojo merupakan salah satu ikon kuliner tradisional melayu yang cocok dibawa sebagai buah tangan jika Anda berkunjung ke Riau. Selain enak, Bolu Kemojo cukup mudah ditemukan di Kota Pekanbaru, Riau. Gerai oleh-oleh yang bertebaran di "Kota Bertuah" tersebut selalu menyediakan bolu lezat ini. Namun Anda pun juga bisa mencoba untuk membuat sendiri di rumah. Berikut ini bahan dan cara membuat bolu kemojo.



Bahan yang diperlukan

  • 300 gr margarine (dilelehkan)
  • 350 gr tepung terigu
  • 300 gr gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 8 butir telur ayam
  • 600 ml santan kelapa
  • 50 ml air perasa daun suji
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara membuat

  1. Campurkan telur dengan gula pasir kemudian dikocok sampai tercampur rata dan mengembang Masukkan tepung terigu, vanili bubuk dan garam sambil diaduk rata.
  2. Tuang santan kelapa sedikit demi sedikit kemudian tuang margarine yang sudah dilelehkan ke dalamnya.
  3. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
  4. Panaskan cetakan/loyang kue bolu kemojo kemudian tuang adonan ke dalamnya.
  5. Panggang dalam oven selama 40-45 menit atau sampai matang.
  6. Kue bolu kemojo Riau siap untuk dihidangkan.

Demikianlah resep membuat bolu kemojo, selamat mencoba.

Tags kue kuliner makanan oleh2 buah tangan UMKM resep puasa
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0