pesona.travel

Saloka Theme Park Semarang, Taman Bermain Terbesar Di Jawa Tengah

DaerahKita 22/06/2019

Selama ini kita sering mendengar nama-nama theme park yang populer di berbagai daerah, dan menyedot banyak pengunjung. Misalnya di Jakarta ada Dunia Fantasi (Dufan) dan di Jawa Timur ada Jatim Park. Kini di Jawa Tengah pun telah hadir obyek wisata serupa, namanya Saloka Theme Park atau Saloka Park Semarang. Taman bermain yang sedang hits di Jawa Tengah ini berlokasi di Tuntang, Kabupaten Semarang.

Kini warga Jawa Tengah dan Jogjakarta jika ingin menikmati hiburan tak perlu pergi jauh-jauh lagi, cukup datang ke taman bermain yang baru ini. Saloka Park adalah alternatif tempat wisata termegah di Jawa Tengah yang telah siap untuk dikunjungi. Saloka Park hadir sebagai destinasi baru rekreasi keluarga yang dapat diakses warga kawasan JogloSemar (Jogja-Solo-Semarang) dan Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis di jalur utama Semarang-Salatiga. Saloka hanya berjarak 40 km dari Salatiga atau 60 km dari Solo dan berkendara 45 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Seloka Park Semarang merupakan wahana wisata keluarga terbaru di Jawa Tengah, dibangun di tanah seluas 18 ha, taman wisata ini merupakan taman destinasi wisata terbesar se Jawa Tengah, di resmikan tanggal 15 Desember 2018 dan berlatar belakang Rawa Pening dan Gunung Merbabu, diharapkan wahana wisata ini akan dibanjiri pengunjung saat liburan tahun baru, liburan Idul fitri serta hari libur lainnya. Dengan lokasi yang strategis dengan akses jalan tol untuk mencapai tempat wisata ini, diharapkan Saloka Theme Park akan menjadi idola berlibur bagi masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta.

kisahfoto
Saloka Theme Park Semarang saat malam hari

Nama Saloka diambil dari kearifan lokal, yaitu legenda setempat tentang Baru Klinthing yaitu seekor naga hijau yang bisa bicara. Baru Klinthing adalah anak Nyai Salokantara, yang mengawali terjadinya Rawa Pening. Karakter Baru Klinthing yang bersifat jujur, pemberani, cerdas, dan bersahabat inilah dijadikan maskot tempat wisata ini.

Mengusung tag line “Ceria Tiada Habisnya”, bermain ke Saloka Theme Park ini pengunjung ditawarkan banyak sekali permainan yang seru dan menantang.Theme park ini terdiri dari 5 zona tematik, yaitu Balalantar, Kamayayi, Segara Prada, Ararya, dan Pesisir. Serta terdapat sekitar 25 wahana, yaitu:

  1. Jejogedan - Zona Pesisir
  2. Cakrawala - Zona Pesisir
  3. Lumbung Ilmu Galileo - Zona Pesisir
  4. Cafe Jenju - Zona Pesisir
  5. Baru Klinthing Show
  6. Resi Waringin - Zona Balalantar
  7. Angon-Ingon - Zona Balalantar
  8. Kumbang Layang - Zona Balalantar
  9. Jamur Apung - Zona Balalantar
  10. Safari Bocah - Zona Balalantar
  11. Ijo Royo-Royo - Zona Balalantar
  12. Adu Nyali - Zona Balalantar
  13. Adu Tangkas - Zona Balalantar
  14. Rimba Resto
  15. Bengak-Bengok - Zona Ararya
  16. Lika-Liku - Zona Ararya
  17. Paku Bumi - Zona Ararya
  18. Obat-Abit - Zona Ararya
  19. Senggal-Senggol - Zona Ararya
  20. Pinguin - Zona Kamayayi
  21. Tata-Titi - Zona Kamayayi
  22. Kupu-Kupu - Zona Kamayayi
  23. Teka-Teko - Zona Kamayayi
  24. Semprat-Semprot - Zona Kamayayi
  25. Polah Bocah - Zona Kamayayi

Mari kita tengok beberapa di antaranya.

Jejogedan - Zona Pesisir

Merupakan air mancur yang bisa menari. Sehari tiga kali show. Yang paling menarik dilihat saat show di malam hari, air mancur dipadukan sinar laser, yaitu pada pukul 19.00 WIB.

menggapaiangkasa
Wahana Jejogedan di malam hari

Cakrawala - Zona Pesisir

Wahana ini adalah berupa ferris wheel atau bianglala. Cakrawala di Saloka Theme Park ini tingginya sampai 33 meter. Pengunjung bisa menikmati pemandangan Rawa Pening dan lima gunung (Merapi, Merbabu, dan lain-lain) yang ada di sekitarnya dari ketinggian.

travelspromo
Wahana Cakrawala dengan ketinggian mencapai 33 meter

Lumbung Ilmu Galileo - Zona Pesisir

Merupakan wahana lmu pengetahuan. Wahana ini banyak menyimpan pengetahuan, mulai dari dinosaurus, kegunungapian dan masih banyak lagi. Lumbung Ilmu Galileo merupakan tempat favorit untuk belajar tentang bumi dan jagat raya.

travelspromo
Belajar ilmu pengetahuan di wahana Lumbung Ilmu Galileo

Resi Waringin - Zona Balalantar

Pohon bijaksana yang bisa bicara dan bisa kita sapa.

Angon-Ingon - Zona Balalantar

Wahana ini bertema tentang serunya berkenalan dengan penjaga perternakan di negeri Saloka Park. Dia adalah Si Kurkur, digambarkan sebagai ayam yang sangat penyayang dan sabar yang telah menjaga ternak warga. Si Kurkur juga mengajari anak–anak merawat binatang peliharan.

Kumbang Layang - Zona Balalantar

Pengunjung mengelilingi area pertenakan dengan kereta yang berada di atas rel melayang digambarkan sebagai kumbang pekerja yang mengantarkan berkeliling.

brilio

Jamur Apung - Zona Balalantar

Pengunjung bisa menikmati berlayar menelusuri sungai kecil di Saloka Park naik perahu ajaib yang digambarkan berupa Jamur Apung. Sensasinya di sini ialah bukan sekedar berkeliling saja tapi kadang perahunya berputar akibat bentuknya bundar dan terdorong oleh arus buatan yang bergerak lambat.

kisahfoto
Terhanyut dalam aliran air di atas Jamur Apung

Safari Bocah - Zona Balalantar

Pengunjung akan berkeliling di tengah taman bunga yang cantik sambil naik mobil-mobil antik.

duniaandra
Anak-anak menikmati perjalanan Safari Bocah

Adu Nyali - Zona Balalantar

Di sini pengunjung masuk ke dalam semacam rumah hantu, dengan figur-figur seram menanti di dalam. Contohnya visualisasi raksasa jahat terkenal dalam budaya Jawa, yaitu Buto Ijo.

wisatakeluargaku
Siapa berani bertemu Buto Ijo?

Bengak-Bengok - Zona Ararya

Pengunjung bergerak dalam lintasan parabola sehingga akan merasakan sensasi naik turun yang menegangkan sambil berputar. Syarat untuk naik wahana ini pengunjung harus memiliki tinggi minimal 120cm, berat maksimal 80kg.

traveloka
Adrenalin terpacu di Wahana Bengak-bengok

Lika-Liku - Zona Ararya

Wahana ini menyediakan permainan roller-coaster yang seru

brilio
Naik roller-coaster di Wahana Lika-liku

Paku Bumi - Zona Ararya

Permainan yang sangat menantang. Rasanya sensasional saat diluncurkan ke langit dengan kecepatan penuh dan tiba-tiba mendarat, sungguh menegangkan. Pengunjung harus memiliki tinggi minimal 120cm, berat maksimal 80 kg.

galeriwisata
Serunya naik dan turun mendadak di Wahana Paku Bumi

Obat-Abit - Zona Ararya

Wahana ini memberikan pengunjung sensasi duduk berayun dan melayang secara perlahan. Permain berlangsung selama sekitar 3 menit. Wahana ini memiliki kapasitas 32 orang yang hanya dapat dinaiki oleh pengunjung yang memiliki tinggi minimum 120 cm.

tribunnews
Sensasi seperti dilemparkan di wahana Obat-abit

Senggal-Senggol - Zona Ararya

Di wahana ini pengunjung menikmati sensasi naik mobil senggol. Wahana ini berisi permainan Bom Bom Car atau BumperCar.

Pinguin - Zona Kamayayi

Pengunjung akan merasakan seperti naik kano di kawasan kutub mengikuti arus yang tenang ditemani singa laut. Syarat untuk naik wahana ini berat maksimal 50kg per seat atau 100kg per kano.

Kupu-Kupu - Zona Kamayayi

Semacam komidi putar yang bisa naik-turun dengan mengayuh pedal

solotrust
Asyiknya naik Kupu-kupu

Semprat-Semprot - Zona Kamayayi

Wahana Semprat-Semprot menawarkan sensasi bermain air di atas kursi berputar yang mengitari patung-patung hewan laut. Bersiaplah untuk berbasah-basahan di wahana ini.

brilio
Awas basah!

Polah Bocah - Zona Kamayayi

Di sini anak-anak bisa beraktivitas berupa olahraga dan eksplorasi khusus, sehingga tetap aman untuk anak-anak. Permainan ini untuk usia 3-6 tahun

Saloka memperkenalkan juga tiga wahana baru yang menjadi andalan, yakni

  1. Gonjang-Ganjing - Zona Segara Prada
  2. Taman Galileo
  3. Kedai Makan dan Minum (Daimami)

harian7
Selamat Datang di Saloka Theme Park

Merupakan wahana arung jeram. Pengunjung seakan-akan mengarungi arus di tengah pertambangan. Zona Segara Prada ini negeri yang menjadi sumber mineral dan energi di negeri Saloka Park. Keseruan terasa ketika perahu meluncur melewati terowongan Zulu yang gelap dan di dalamnya terdapat batu besar.

Selain wahana bermain, di sini juga terdapat kedai kuliner yang menjajakan pilihan makanan dan minuman, mulai dari yang ringan hingga berat. Pilihan tersebut antara lain es krim, wafel, makanan rungan, kentang goreng, burger, ayam geprek mulai harga Rp 5.000 hingga Rp 25.000. Panganan dan minuman tersebut disediakan di delapan kedai dan empat truk makanan.

Fasilitas lain yang ada di sini adalah shuttle car gratis di area parkir yang luas.

duniaandra
Suttle Car untuk melayani area parkir

Alamat

Saloka Theme Park ini berada di Jl Fatmawati 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Phone : +62 298 322266

Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke Saloka Theme Park, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp 120 ribu pada hari Senin-Jumat, dan Rp 150 ribu pada hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah. Dengan membayar HTM Saloka Park tersebut pengunjung bebas bermain di semua wahana yang ada.

Waktu Operasional

Saloka Theme Park akan buka mulai pukul 10.00-18.00 WIB pada hari kerja, dan 10.00-20.00 WIB pada akhir pekan atau tanggal merah.

Rute Menuju Lokasi

Saloka Park berjarak 60 km dari kota Solo, 40 Km dari Semarang, ambil rute sebagai berikut

  • Dari Semarang masuk ke jalan tol jurusan Jogjakarta, Solo, Bawen. Keluar pintu tol bawen belok kiri menuju jalan Solo-Semarang, lokasinya berada di pinggir jalan ini.
  • Dari Solo, ambil jalan Solo-Semarang atau lewat jalan tol sampai salatiga, lalu ke arah jurusan Semarang. Sampai kabupaten semarang dekat Rawa Pening, sampailah Anda di tujuan.
  • Naik kendaraan umum, dari Terminal Bawen tak jauh, jaraknya sekitar 5,9km.

Tags wisata keluarga liburan taman bermain theme park
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0