budaya-indonesia

Keripik Kelakai, Makanan Ringan Kalimantan Tengah

DaerahKita 22/06/2019

Keripik Kelakai adalah kudapan asli dan khas kota Kuala Kapuas. Kelakai dalam istilah Dayak adalah tanaman jenis paku-pakuan, sangat mudah dijumpai di sebagian besar lahan rawa di Kabupaten Kapuas. Habitat tanaman ini memang daerah basah dan tergenang. Tanaman ini memiliki sistem perakaran serabut dan cara penyebarannya dengan tunas dan sulur serta spora. Di Kalimantan Tengah tanaman Kelakai cukup mudah berkembang dan bila dibiarkan akan menutupi area yang cukup luas.



Tanaman Kelakai dikenali memiliki banyak khasiat seperti anti diare. Selain itu dipercayai masyarakat Dayak sebagai obat pereda demam, mengobati sakit kulit, penambah darah serta dipercaya bisa menjadi obat awet muda. Tidak lupa, pucuk muda kelakai merupakan bahan masakan yang cukup lezat, yang di kalangan penduduk asli Kalimantan merupakan salah satu makanan favorit, di antaranya oseng kelakai, juhu kelakai, bening kelakai, dan lain-lain.

kumparan
Tanaman Kelakai yang banyak ditemukan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

Kelakai memiliki nama latin Stenochlaena palustris. Salah satu usaha penganekaragaman penganan kelakai adalah diolah menjadi keripik kelakai yang lezat. Keripik kelakai ini memanfaatkan daun kelakai yang masih muda. Cara membuat kuliner ini juga sangat mudah, daun kelakai muda yang telah dibersihkan dimasukkan ke dalam adonan tepung bumbu dengan kekentalan tertentu, kemudian digoreng di atas minyak yang penuh dan panas.

flamboyan-108
Salah satu produk keripik kelakai dari Kalimantan Tengah

Sesudah digoreng dan kering, keripik kelakai pun siap untuk disantap, perpaduan antara rasa gurih dan tekstur yang renyah, keripik kelakai sangat terasa lezat di mulut. Karena memiliki potensi ekonomis untuk dikembangkan, maka pengusaha UMKM ikut membangun usaha keripik kelakai ini. Sebagai contoh adalah produk keripik merk Flamboyan 108 Kuala Kapuas, binaan Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.



Bagi Anda yang tertarik berikut adalah bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan

  • Tepung beras
  • Tepung Tapioka
  • Telur

Bumbu

  • Bawang putih
  • Garam
  • Ketumbar
  • Kemiri

Cara Membuat

  1. Bersihkan kelakai, ambil daun yang muda saja. Haluskan semua bumbu. Campur semua tepung, tambahkan bumbu dan telur, aduk rata sambil ditambahkan air secukupnya.
  2. Aduk sampai merata dan terbentuk adonan dengan kekentalan tertentu (seperti adonan rempeyek).
  3. Panaskan minyak goreng di wajan, setelah panas celupkan satu persatu daun kelakai ke dalam adonan lalu goreng sampai matang / kering / garing. Keripik Kelakai siap disajikan.

Tags makanan kuliner snack oleh2 UMKM resep
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0