tenda.biz

Kerajinan Pewter, Seni Kriya Berbahan Timah Khas Bangka Belitung

DaerahKita 17/06/2019

Istilah “pewter” termasuk jarang kita dengar. Bagi yang belum tahu, pewter adalah sebuah bentuk seni kriya atau kerajinan tangan yang memanfaatkan media atau bahan logam timah. Lebih jelasnya, material pewter adalah logam campuran yang memiliki kandungan Timah (Sn) hingga 97%, Tembaga (Cu) sebanyak 2%, dan Antimony (Sb) sebanyak 1% . Saat ini kerajinan pewter menjadi salah satu produk unggulan Pulau Bangka sebagai souvenir atau cinderamata khas daerah.



Daerah Bangka Belitung memang sejak dulu dikenal memiliki kekayaan alam berupa biji timah. Kandungan biji timah banyak ditemukan di sini, sehingga Pulau Bangka menjadi salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia. Logam timah diekspor ke luar negeri dalam bentuk batangan. Agar ada nilai tambah bagi masyarakat setempat, PT Timah Tbk, sebuah perusahaan pertambangan timah nasional, bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat mempelopori pengembangan kerajinan pewter untuk menghasilkan seni kriya bernilai tinggi berbahan baku timah. PT Timah, Muntok mendukung dengan mengadakan workshop pelatihan kerajinan pewter kepada masyarakat.

Sentra kerajinan timah dibangun untuk memproduksi aneka jenis barang kerajinan pewter. Salash satu Sentra Kerajian Pewter itu terletak di pusat Kota Pangkal Pinang, Bangka. Di sentra kerajinan yang letaknya persis di belakang Museum Timah Indonesia ini, pengunjung dapat menemukan aneka jenis kerajinan timah. Sentra kerajinan pewter juga ada di Kota Sungailiat.

indonesiakaya
Kerajinan pewter berbentuk truk

Semua jenis kerajinan yang diproduksi di Sentra Kerajinan Pewter ini masih dibuat secara manual oleh para perajin yang bekerja di sini. Pembuatan kerajinan ini biasanya memerlukan waktu antara satu minggu hingga satu bulan, tergantung tingkat kesulitan produk yang dibuat.

Harga yang ditawarkan berdasarkan tingkat kesulitan pembuatan Kerajinan Pewter. Untuk bahan yang digunakan sama untuk semua Kerajinan Pewter. Ada yang berbentuk miniatur pulau Bangka, kapal laut, perahu phinisi, meriam, kereta kuda, kereta api, plakat, truk pengangkut, hingga gantungan kunci. Untuk ukuran souvenir atau barang oleh-oleh, harga Kerajinan Pewter cukup mahal karena harga dipengaruhi bahan pembuatnya yang tidak murah yaitu biji timah. Namun bagi para kolektor, Kerajinan Pewter ini menjadi barang yang dicari karena bentuknya yang unik dan beberapa memang dibuat secara terbatas.

jotravelguide
Berbagai karya perajin pewter yang ditawarkan pada pembeli yang berminat

Harga aneka jenis kerajinan cantik ini dijual mulai dari Rp5.000 hingga jutaan rupiah. Pengunjung juga dapat memesan jenis kerajinan yang diinginkan, karena di sentra kerajinan yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 17, Pangkal Pinang, Bangka, ini juga menerima pesanan aneka kerajinan. Dibutuhkan beberapa tahap untuk membuat barang kerajinan dari timah atau pewter. Selain itu perlu kurang lebih seminggu paling cepat untuk mendapatkan bahan bakunya. Tidak sembarangan untuk mendapatkannya, karena ada proses izin yang harus diselesaikan, sebab timah merupakan material strategis bagi negara. Setelah timah balok didapatkan, kemudian dilebur hingga dicetak menjadi barang yang sesuai keinginan.



Tahap pertama proses pengerjaan pewter adalah barang dari timah yang berbentuk batangan dileburkan hingga mencair. Proses ini memakan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit dengan nyala api sedang. Setelah semuanya lebur, lelehannya siap untuk dicetak sesuai pola yang diinginkan. Misalnya orang-orang, atau benda yang lain sesuai keinginan. Kemudian tunggu hingga mengeras dan dingin. Setelah itu baru dihaluskan, lalu berlanjut ke penyambungan.

bangkabaratkab
Miniatur becak ini juga merupakan kreasi perajin pewter di Bangka Belitung

Agar kelihatan mengkilap dan tidak kusam barang kemudian diamplas. Tidak ada batasan waktu untuk ini, yang penting sesuai selera. Dari rangkaian-rangkaian yang telah ada, barang juga satu persatu harus dipoles. Agar menambah menarik dan kesannya rapi serta bersih.

Terakhir barulah rangkaian-rangkaian tadi dirakit menjadi bentuk barang jadi. Biasanya merakit tidak membutuhkan waktu lama namun ketelitian dan ketelatenan sangat berperan penting dalam seni pewter ini. Biasanyanya dalam dua minggu itu bisa dihasilkan satu atau dua replika kapal-kapal, tergantung kepada ukurannya, besar atau kecil, serta kerumitan barang tersebut.

Jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung, silahkan coba kunjungi sentra kerajinan pewter ini untuk mendapatkan cenderamata yang cantik dan unik khas Bangka Belitung.

Tags kerajinan tangan oleh2 cenderamata UMKM seni wisata
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0