jakartainformer

Taman Impian Jaya Ancol, Wisata Terpadu di Ibukota

DaerahKita 27/04/2019

Walaupun merupakan salah satu tempat hiburan tertua di Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) tetap merupakan objek wisata keluarga yang menarik dan ramai dikunjungi oleh warga Jakarta dan beberapa daerah lainnya, terutama di masa-masa liburan.

Sejak awal berdiri di tahun 1966, Ancol ditujukan sebagai kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan menunjuk perusahaan swasta sebagai pengelola, yakni PT Pembangunan Jaya. Pantai dan taman yang tersedia merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia.


Di tempat ini terdapat lima pantai, yaitu Pantai Festival, Indah, Elok, Ria, dan Carnival Beach Club, selain danau impian, sepanjang sekitar 5 km, dengan promenade sepanjang 4 km.

Selain pantai, atraksi yang cukup menghibur adalah Dunia Fantasi atau Dufan yang mulai dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986 dan merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol.

wisatasekolah
Dunia Fantasi

Pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia ini memanjakan pengunjung dengan petualangan fantasi berkeliling dunia melalui berbagai wahana permainan berteknologi tinggi. Dufan terbagi menjadi delapan kawasan meliputi Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, dan Balada Kera.

Ada juga Atlantis Water Adventure (AWA) yang merupakan theme park kedua. Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar, AWA merupakan hasil revitalisasi Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol yang menyajikan petualangan wisata air dengan delapan kolam utama, yaitu Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool.

jejakpiknik
Gelanggang Samudera Jaya Ancol

Theme park ketiga, Gelanggang Samudera Ancol. Sebagai sarana edutaintment, nuansa konservasi alam memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa, antara lain lumba-lumba, paus putih, dan anjing laut.

Berikutnya adalah Sea World, satu-satunya underwater aquarium di Indonesia ada di sini. Berdiri di area seluas 2 hektar, theme park yang mulai dibuka tahun 1994 ini sangat menarik dan tertata dengan baik. Mengemban tiga misi besar yaitu pendidikan, konservasi, dan hiburan, Sea World merupakan tempat hiburan yang berkualitas.

jalanwisata
Terowongan Bawah Laut Sea World

Lima atraksi utama Sea World, yang pertama adalah Touch Pool atau kolam sentuh, yaitu kolam terbuka yang membolehkan pengunjung berinteraksi langsung dengan biota laut yang hidup di kolam tersebut. Atraksi yang kedua adalah Main Aquarium, yaitu kolam utama di Sea World yang ukurannya 24x38 meter persegi.



Di bawah kolam utama itu terdapat atraksi berikutnya, yaitu under Water Tunnel atau terowongan bawah air. Dari terowongan yang disebut terowongan Antasena ini, pengunjung bisa melihat berbagai biota laut yang hidup di kolam utama dari lebih dekat lagi. Selain itu ada juga Glow Theater, tempat memutar film edukasi Sea Turtle Story. Dan atraksi yang terakhir adalah Jelly Fish Exibit. Di sini pengunjung dapat melihat beberapa jenis jelly fish (ubur-ubur) yang sedang berenang seperti di lautan.

Berbagai biota laut hidup di Sea World, mulai dari biota perairan tawar yang terdiri atas 22.000 ekor ikan (126 jenis) dan 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri atas 5.180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis), dan satu mamalia. Karena berada dalam ruangan sejuk buatan, putra-putri Anda tentu akan merasa nyaman di sini. Waktu kunjungan ke Sea World adalah Senin-Minggu dan hari libur pada pukul 09.00-18.00.

Taman Impian Jaya Ancol membuka wahana baru pada 2003 silam. Wahana tersebut diberi nama Gondola Ancol yang ketinggiannya sekitar 20 meter dari permukaan tanah. Bentuknya mirip kereta gantung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Namun sistem pengoperasiannya menggunakan sistem komputer, diklaim sebagai yang pertama di Indonesia dan menawarkan jaminan keamanan lebih.



Masing-masing kabin di Gondola Ancol dilengkapi dengan kaca dan lantai transparan untuk memaksimalkan pengalaman pengunjung menikmati pemandangan Ancol dari ketinggian. Satu kabin bisa memuat hingga enam orang dan waktu perjalanan memakan waktu kurang lebih 20 menit pulang-pergi.

Ketika perut terasa lapar selepas bersenang-senang di pantai atau mencicipi permainan di theme park, kuliner di Ancol juga cukup pas dan seru untuk dinikmati bersama keluarga dan teman. Beberapa yang bisa Anda coba misalnya Kafe Hoax Ancol, The Pier, Le Bridge, Saung Layaran, Rumah Kayu, Oceanic Seafood, Columbus Cafe, Telaga Sampireun, Bandar Djakarta, Segarra, dan Jimbaran.

Tags wisata liburan pantai
Referensi: Dari berbagai sumber

Video tentang Taman Impian Jaya Ancol, Wisata Terpadu di Ibukota






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0